Membantu Sashya Meningkatkan Prestasi dan Membangun Teman Baru di Sekolah Baru

4
(239 votes)

Sashya adalah seorang siswa yang berprestasi di SDN 05 Jakarta. Namun, ketika ia pindah ke SDN 02 Bandung pada kelas VI, prestasinya menurun dan ia menjadi murung. Perpindahan sekolah ini disebabkan oleh pindahnya orangtua Sashya dari Jakarta ke Bandung. Selain itu, Sashya juga pindah rumah dan belum memiliki teman dekat di sekolah barunya. Berdasarkan kasus ini, kita dapat melihat bahwa Sashya mengalami fase perkembangan sosial dan emosional yang sulit. Untuk membantu Sashya meningkatkan prestasinya dan membangun teman baru di sekolah barunya, wali kelasnya perlu melakukan beberapa hal. Pertama, wali kelas harus memberikan dukungan emosional kepada Sashya. Sashya mungkin merasa cemas dan tidak nyaman di sekolah barunya. Oleh karena itu, wali kelas harus memberikan perhatian dan dukungan yang cukup agar Sashya merasa nyaman dan terbuka untuk berinteraksi dengan teman-temannya. Kedua, wali kelas harus membantu Sashya dalam membangun hubungan sosial. Sashya belum memiliki teman dekat di sekolah barunya, sehingga wali kelas harus membantu Sashya untuk membangun hubungan sosial dengan teman-temannya. Wali kelas dapat mengadakan kegiatan sosial seperti permainan atau kegiatan kelompok yang melibatkan Sashya agar ia dapat berinteraksi dengan teman-temannya. Ketiga, wali kelas harus membantu Sashya dalam mengatasi perasaan murungnya. Sashya mungkin merasa murung karena perpindahan sekolahnya. Oleh karena itu, wali kelas harus memberikan dorongan dan motivasi kepada Sashya agar ia dapat mengatasi perasaan murungnya dan terus berprestasi di sekolah barunya. Dalam kaitannya dengan fase perkembangan Sashya, wali kelas perlu memahami bahwa Sashya sedang mengalami fase perkembangan sosial dan emosional. Pada usia 12 tahun, anak-anak sedang mengembangkan hubungan sosial dan emosional mereka. Mereka mulai membangun hubungan dengan teman-teman sebaya mereka dan mulai mengembangkan rasa empati dan emosi mereka. Oleh karena itu, wali kelas perlu memahami hal ini dan memberikan dukungan yang sesuai agar Sashya dapat mengembangkan diri secara optimal. Sebagai kesimpulan, wali kelas Sashya perlu memberikan dukungan emosional, membantu Sashya membangun hubungan sosial, dan membantu Sashya mengatasi perasaan murungnya. Dengan melakukan hal ini, wali kelas dapat membantu Sashya meningkatkan prestasinya dan membangun teman baru di sekolah barunya. Selain itu, wali kelas juga perlu memahami fase perkembangan Sashya agar dapat memberikan dukungan yang sesuai dan membantu Sashya mengembangkan diri secara optimal.