Perkembangan Psikososial pada Masa Kanak-Kanak Pertengahan (Smith, 2010): Sebuah Ringkasan Jurnal

3
(276 votes)

Dalam jurnal ini, Smith (2010) membahas perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak pertengahan. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana faktor-faktor psikososial mempengaruhi perkembangan anak-anak pada periode ini. Smith (2010) mengemukakan bahwa pada masa kanak-kanak pertengahan, anak-anak mulai mengembangkan identitas diri mereka. Mereka mulai menyadari peran mereka dalam keluarga, sekolah, dan masyarakat. Faktor-faktor seperti pengasuhan, interaksi sosial, dan lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perkembangan identitas diri anak-anak. Selain itu, Smith (2010) juga menyoroti pentingnya perkembangan emosi pada masa kanak-kanak pertengahan. Anak-anak pada periode ini mulai mengalami perubahan emosi yang lebih kompleks, seperti rasa malu, rasa bersalah, dan rasa bangga. Faktor-faktor seperti dukungan emosional dari orang tua dan teman sebaya dapat membantu anak-anak mengelola emosi mereka dengan baik. Dalam jurnal ini, Smith (2010) juga menekankan pentingnya perkembangan sosial pada masa kanak-kanak pertengahan. Anak-anak pada periode ini mulai membangun hubungan sosial yang lebih kompleks dengan teman sebaya dan anggota keluarga. Mereka belajar tentang kerjasama, komunikasi, dan pemecahan masalah dalam konteks sosial. Penelitian ini memberikan wawasan yang berharga tentang perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak pertengahan. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh para orang tua, pendidik, dan profesional di bidang psikologi untuk memahami dan mendukung perkembangan anak-anak pada periode ini. Dalam kesimpulannya, Smith (2010) menekankan pentingnya memperhatikan faktor-faktor psikososial dalam mendukung perkembangan anak-anak pada masa kanak-kanak pertengahan. Pengasuhan yang baik, interaksi sosial yang positif, dan lingkungan yang mendukung dapat membantu anak-anak mengembangkan identitas diri, mengelola emosi, dan membangun hubungan sosial yang sehat. Dengan demikian, jurnal ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan psikososial pada masa kanak-kanak pertengahan dan memberikan panduan praktis bagi mereka yang terlibat dalam mendukung perkembangan anak-anak pada periode ini.