Pendidikan di Indonesia: Ironi Pemerataan yang Belum Tuntas

4
(281 votes)

Pendidikan yang dulu diperjuangkan mati-matian oleh para pejuang kemerdekaan agar seluruh rakyat mendapatkan hak yang sama, ternyata masih milik segolongan orang tertentu. Setiap tahun ajaran baru, selalu muncul keganjilan berulang-ulang, yakni kebingungan orang tua mencari sekolah untuk anaknya. Ternyata, keganjilan itu muncul karena masalah lama yang belum tuntas, standardisasi sekolah masih belum jelas sehingga menimbulkan kasta-kasta dalam Pendidikan. Sistem kasta tersebut membuat para orang tua berlomba-lomba untuk mendapatkan sekolah berkasta tinggi. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya besar agar anaknya bisa masuk di sekolah favorit. Sementara itu, banyak siswa yang tidak masuk di sekolah favorit bukan karena kurang pandai, melainkan karena mereka tidak mampu membayar biaya sekolah yang tinggi. Inilah ironi Pendidikan di Indonesia. Opini penulis dalam editorial di atas adalah bahwa Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu. Meskipun Pendidikan di Indonesia telah diperjuangkan mati-matian untuk pemerataan, namun kenyataannya masih terdapat kesenjangan yang signifikan. Standardisasi sekolah yang belum jelas dan sistem kasta dalam Pendidikan menjadi penyebab utama dari ketidakmerataan ini. Orang tua berlomba-lomba untuk mendapatkan sekolah berkasta tinggi, sementara siswa yang tidak mampu membayar biaya sekolah tinggi terpaksa tidak bisa masuk di sekolah favorit. Hal ini menunjukkan bahwa Pendidikan di Indonesia masih belum sepenuhnya merata dan masih menjadi hak yang hanya bisa dinikmati oleh segolongan orang tertentu. Dalam menghadapi masalah ini, diperlukan upaya yang lebih serius untuk mewujudkan pemerataan Pendidikan di Indonesia. Standardisasi sekolah perlu diperjelas agar tidak ada lagi kasta-kasta dalam Pendidikan. Selain itu, perlu ada kebijakan yang mendukung akses Pendidikan bagi semua lapisan masyarakat, termasuk dengan memberikan bantuan biaya sekolah bagi siswa yang kurang mampu. Dengan demikian, Pendidikan di Indonesia dapat benar-benar menjadi hak yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat, sesuai dengan semangat perjuangan para pejuang kemerdekaan. Dalam kesimpulan, Pendidikan di Indonesia masih menghadapi ironi pemerataan yang belum tuntas. Meskipun telah diperjuangkan mati-matian, Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan upaya yang lebih serius dalam memperjelas standardisasi sekolah dan memberikan akses Pendidikan yang merata bagi semua lapisan masyarakat. Dengan demikian, Pendidikan di Indonesia dapat benar-benar menjadi hak yang dapat dinikmati oleh seluruh rakyat.