Menjaga Budaya Lokal di Sekolah Dasar: Studi Kasus TK Pembina 7

4
(218 votes)

<br/ >Pada era globalisasi saat ini, menjaga budaya lokal adalah penting untuk memastikan identitas dan warisan suatu komunitas tetap lestari. Dalam konteks pendidikan anak usia dini, TK Pembina 7 telah berhasil mengimplementasikan kurikulum merdeka untuk memastikan bahwa anak-anak mempelajari dan menghargai budaya lokal mereka sejak dini. <br/ >Melalui proses penguat dan pelajaran Pancasila, guru-guru di TK Pembina 7 telah berhasil mengintegrasikan unsur budaya lokal ke dalam kurikulum mereka. Ini telah memungkinkan anak-anak untuk menganggap keberagaman sebagai keunggulan lokal dan mengglobal dengan keunggulan lokal tersebut. <br/ >Untuk lebih memahami implementasi kurikulum merdeka ini, peneliti melakukan kegiatan wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas kelompok A dan B. Hasil wawancara menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang patut diperhatikan, seperti perluasan kurikulum untuk mencakup lebih banyak unsur budaya lokal dan penyediaan sumber daya yang lebih banyak untuk mendukung guru-guru dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka ini. <br/ >Secara keseluruhan, TK Pembina 7 telah menjadi contoh yang baik dalam menjaga budaya lokal di sekolah dasar. Dengan mengimplementasikan kurikulum merdeka dan melibatkan guru-guru dan anak-anak dalam proses ini, mereka telah berhasil memastikan bahwa budaya lokal mereka tetap lestari dan menjadi keunggulan lokal yang dapat mereka angkat di tingkat global.