Mencari Solusi Bersama: Dialog Negosiasi tentang Permasalahan di Sekolah
Tokoh 1: Siswa A Tokoh 2: Guru B Siswa A: Selamat pagi, Pak B. Saya ingin membicarakan masalah yang sedang terjadi di sekolah kita. Guru B: Selamat pagi, A. Tentu, apa yang bisa saya bantu? Siswa A: Saya merasa bahwa kurangnya fasilitas di sekolah kita sangat mempengaruhi kualitas pembelajaran. Misalnya, ruang kelas yang sempit dan kurangnya peralatan yang memadai. Guru B: Saya mengerti kekhawatiranmu, A. Namun, kita harus mempertimbangkan anggaran yang terbatas dan prioritas lainnya. Apakah kamu punya saran untuk memperbaiki situasi ini? Siswa A: Saya berpikir bahwa kita bisa mencari sponsor atau donatur yang bersedia membantu memperbaiki fasilitas sekolah. Selain itu, kita juga bisa mengadakan kegiatan penggalangan dana untuk membeli peralatan yang dibutuhkan. Guru B: Ide itu bagus, A. Kita bisa melibatkan komite sekolah dan orang tua siswa dalam upaya ini. Apakah kamu bersedia memimpin inisiatif ini? Siswa A: Tentu, Pak B. Saya siap untuk mengambil peran aktif dalam memperbaiki fasilitas sekolah kita. Guru B: Itu sangat baik, A. Saya akan mendukungmu sepenuhnya dalam usaha ini. Kita juga bisa mengajak pihak sekolah lainnya untuk bekerja sama dalam mencari solusi jangka panjang. Siswa A: Terima kasih, Pak B. Saya berharap dengan kerja sama kita, kita bisa menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi semua siswa. Guru B: Sama-sama, A. Saya bangga melihat semangatmu dalam memperbaiki sekolah kita. Mari kita mulai bekerja sama sekarang. Siswa A: Baik, Pak B. Mari kita lakukan ini bersama-sama. Dalam dialog negosiasi ini, Siswa A dan Guru B berdiskusi tentang masalah kurangnya fasilitas di sekolah. Mereka mencari solusi dengan melibatkan sponsor, donatur, dan kegiatan penggalangan dana. Siswa A bersedia memimpin inisiatif ini dan Guru B mendukung sepenuhnya. Mereka berharap dapat menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik bagi semua siswa.