Prosedur Pengembangan Tujuan Pembelajaran

4
(166 votes)

Pendahuluan: Dalam proses pembelajaran, tujuan pembelajaran adalah komponen penting yang membantu mengarahkan siswa dalam mencapai hasil yang diinginkan. Tujuan pembelajaran yang baik harus jelas, terukur, terkait dengan kurikulum, dan dapat dicapai oleh siswa. Dalam artikel ini, kita akan membahas prosedur pengembangan tujuan pembelajaran yang efektif. Pengertian Tujuan Pembelajaran: Sebelum kita membahas prosedur pengembangan tujuan pembelajaran, penting untuk memahami apa itu tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran adalah pernyataan yang menjelaskan apa yang diharapkan siswa dapat capai setelah menyelesaikan suatu pembelajaran. Tujuan pembelajaran harus spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, dan berbatasan waktu. Prosedur Pengembangan Tujuan Pembelajaran: 1. Analisis Kurikulum: Langkah pertama dalam pengembangan tujuan pembelajaran adalah menganalisis kurikulum yang akan diajarkan. Dalam analisis ini, guru harus memahami tujuan umum kurikulum dan menentukan tujuan pembelajaran yang spesifik untuk setiap unit atau topik pembelajaran. 2. Identifikasi Kompetensi: Setelah menganalisis kurikulum, langkah berikutnya adalah mengidentifikasi kompetensi yang ingin dicapai oleh siswa. Kompetensi adalah keterampilan, pengetahuan, atau sikap yang diharapkan siswa dapat kuasai setelah menyelesaikan pembelajaran. Kompetensi harus relevan dengan kurikulum dan dapat diukur. 3. Menyusun Tujuan Pembelajaran: Setelah mengidentifikasi kompetensi, guru harus menyusun tujuan pembelajaran yang spesifik, terukur, dan dapat dicapai oleh siswa. Tujuan pembelajaran harus menggambarkan hasil yang diharapkan dari pembelajaran dan harus dapat diukur dengan menggunakan indikator yang jelas. 4. Mengkomunikasikan Tujuan Pembelajaran: Setelah menyusun tujuan pembelajaran, guru harus mengkomunikasikan tujuan tersebut kepada siswa. Tujuan pembelajaran harus disampaikan dengan jelas dan dapat dipahami oleh siswa. Guru juga harus menjelaskan mengapa tujuan tersebut penting dan bagaimana siswa dapat mencapainya. 5. Evaluasi dan Pemantauan: Setelah tujuan pembelajaran disampaikan kepada siswa, guru harus melakukan evaluasi dan pemantauan untuk melihat apakah tujuan tersebut telah tercapai. Evaluasi dapat dilakukan melalui tes, tugas, atau observasi. Pemantauan harus dilakukan secara berkala untuk memastikan bahwa siswa tetap berada di jalur untuk mencapai tujuan pembelajaran. Kesimpulan: Pengembangan tujuan pembelajaran adalah proses yang penting dalam pembelajaran yang efektif. Dengan mengikuti prosedur yang tepat, guru dapat mengembangkan tujuan pembelajaran yang jelas, terukur, dan dapat dicapai oleh siswa. Tujuan pembelajaran yang baik akan membantu siswa dalam mencapai hasil yang diinginkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan.