**\x0a - "Mengoptimalkan Asesmen Formatif: Memahami Tahapan Perkembangan, Lingkungan, dan Kemampuan Peserta Didik"\x0a\x0a2. **
** <br/ > <br/ >### Tahapan Perkembangan Peserta Didik: <br/ > - Memahami tahapan perkembangan peserta didik adalah langkah awal yang krusial dalam merancang asesmen formatif yang efektif. Dari tahap awal perkembangan hingga tahap yang lebih maju, setiap fase memiliki karakteristik unik yang harus dipertimbangkan saat merancang asesmen. <br/ > <br/ >### Karakteristik Lingkungan: <br/ > - Lingkungan tempat peserta didik belajar juga memainkan peran penting dalam asesmen formatif. Faktor-faktor seperti interaksi sosial, motivasi, dan dukungan dapat mempengaruhi hasil asesmen. <br/ > <br/ >### Mengukur Kemampuan Peserta Didik: <br/ > - Asesmen formatif harus mencerminkan kemampuan sebenarnya peserta didik. Ini melibatkan pemilihan instrumen yang tepat dan memastikan bahwa asesmen tidak hanya menilai pengetahuan tetapi juga keterampilan dan pemahaman mendalam. <br/ > <br/ >Dengan memperhatikan tahapan perkembangan peserta didik, karakteristik lingkungan, dan kemampuan mereka secara menyeluruh, asesmen formatif dapat menjadi alat yang lebih efektif untuk melacak kemajuan siswa dalam pembelajaran.