Perjalanan Menjadi Guru PPL: Menciptakan Lingkungan Belajar yang Positif

4
(279 votes)

Sebagai seorang calon guru yang sedang menjalani Program Pengalaman Lapangan (PPL), saya merasakan beragam kegiatan yang mendalam selama proses persiapan pembuatan modul ajar. Setiap langkah yang saya ambil, dari merancang tujuan pembelajaran hingga menyesuaikan materi dengan kebutuhan siswa, memberikan wawasan baru tentang kompleksitas menjadi seorang pendidik. Ketika tiba saatnya untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran, saya merasakan campuran antara gugup dan antusiasme. Interaksi langsung dengan siswa membuka mata saya akan beragam gaya belajar dan tingkat pemahaman yang perlu diperhatikan. Melalui pengalaman ini, saya belajar betapa pentingnya fleksibilitas dan adaptabilitas dalam menyampaikan materi agar dapat mencapai semua siswa di kelas. Selain itu, melakukan asesmen terhadap kemajuan belajar siswa juga merupakan bagian integral dari perjalanan ini. Proses evaluasi tidak hanya memberikan gambaran tentang pemahaman siswa, tetapi juga membantu saya mengidentifikasi area di mana saya perlu meningkatkan pendekatan pengajaran saya. Kesempatan untuk memberikan umpan balik konstruktif kepada siswa juga menjadi momen penting dalam membangun hubungan yang positif dan saling mendukung di kelas. Keseluruhan pengalaman ini telah membantu saya memahami secara lebih mendalam betapa pentingnya peran seorang guru dalam menciptakan lingkungan belajar yang positif dan inklusif bagi setiap siswa. Dari persiapan hingga pelaksanaan dan evaluasi, setiap tahapan dalam proses pembelajaran membentuk fondasi yang kokoh bagi perkembangan akademik dan sosial siswa. Saya yakin bahwa dengan kesabaran, dedikasi, dan semangat untuk terus belajar, saya dapat menjadi seorang guru yang mampu memberikan dampak positif bagi generasi mendatang.