Menyelesaikan Masalah Dengan Matematika: Contoh-contoh Tugas Mandiri

4
(281 votes)

Tugas mandiri adalah cara yang bagus bagi siswa untuk mengasah keterampilan matematika mereka dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep matematika yang kompleks. Dalam tugas-tugas ini, siswa akan menggunakan keterampilan matematika mereka untuk menyelesaikan masalah dunia nyata. Mari kita lihat beberapa contoh tugas mandiri: 1. Sebuah kapal selam berada di kedalaman 48 meter. Kapal selam tersebut naik 14 meter, kemudian turun lagi 26 meter. Tentukan posisi kapal selam tersebut sekarang! Untuk menyelesaikan masalah ini, siswa akan menggunakan pengetahuan mereka tentang penjumlahan dan pengurangan untuk menghitung posisi kapal selam setelah naik dan turun. Mereka akan menambahkan kedalaman awal kapal selam dengan perubahan ketinggian, kemudian mengurangi hasilnya dari kedalaman awal kapal selam. Dengan menggunakan metode ini, siswa akan menemukan bahwa kapal selam sekarang berada di kedalaman 28 meter. 2. Pak Danang beternak ayam petelur. Ada 675 ekor ayam petelur di peternakannya. Selama seminggu, telur yangkan 4 kali lebih banyak ayam. Setelah 1 bulan, telur yang dihasilkan dimasukkan ke dalam 120 kotak sama rata. Berapa banyak telur yang dihasilkan? Untuk menyelesaikan masalah ini, siswa akan menggunakan pengetahuan mereka tentang perkalian dan pembagian untuk menghitung jumlah telur yang dihasilkan selama seminggu dan jumlah telur yang dihasilkan setelah 1 bulan. Mereka akan mengalikan jumlah ayam dengan jumlah telur yang dihasilkan selama seminggu, kemudian membagi hasilnya dengan jumlah telur yang dihasilkan setelah 1 bulan. Dengan menggunakan metode ini, siswa akan menemukan bahwa jumlah telur yang dihasilkan setelah 1 bulan adalah 6750 telur. 3. Lina membeli 2 kg jeruk dan 3 kg apel. Harga 1 kg jeruk Rp8.500,00 sedangkan harga 1 kg apel Rp15.000,00. Jika membayar dengan 4 lembar uang Rp20.000,00, berapa uang kembalian yang diterima Lina? Untuk menyelesaikan masalah ini, siswa akan menggunakan pengetahuan mereka tentang penjumlahan dan pengurangan untuk menghitung total harga jeruk dan apel yang dibeli oleh Lina. Mereka akan menambahkan harga jeruk dengan harga apel, kemudian mengurangi hasilnya dari jumlah uang yang diterima oleh Lina. Dengan menggunakan metode ini, siswa akan menemukan bahwa Lina akan menerima uang kembalian sebesar Rp2.500,00. 4. Farida membeli sehelai kain batik dengan ukuran panjang 13 meter dan lebar 2,4 meter untuk orang tuanya. Seperempat bagian akan dibuat kemeja untuk ayahnya, sedangkan sisanya akan dibuat gaun untuk ibunya. a. Hitunglah luas kain yang dibeli Farida! b. Berapakah panjang kain yang akan dibuat gaun? Untuk menyelesaikan masalah ini, siswa akan menggunakan pengetahuan mereka tentang perkalian dan pembagian untuk menghitung luas kain yang dibeli oleh Farida dan panjang kain yang akan dibuat gaun. Mereka akan mengalikan panjang kain dengan lebar kain untuk menghitung luas kain yang dibeli oleh Farida, kemudian membagi hasilnya dengan 4 untuk menghitung panjang kain yang akan dibuat gaun. Dengan menggunakan metode ini, siswa akan menemukan bahwa luas kain yang dibeli oleh Farida adalah 31,5 meter persegi dan panjang kain yang akan dibuat gaun adalah 9,75 meter. 5. Pak Bayu membeli 60 liter minyak goreng. Minyak goreng tersebut akan dijual eceran dalam kemasan plastik. Tiga perempat bagian minyak akan dijual dalam kemasan