Peran Kepala Sekolah dalam Era Desentralisasi Pendidika

4
(268 votes)

Pendidikan pada masa desentralisasi berbeda dengan sentralisasi. Pada masa sentralisasi, segala sesuatu seperti bangunan sekolah, kurikulum, jumlah murid, buku pelajaran, cara mengajar, dan sebagainya ditetapkan dan diselenggarakan oleh pemerintah secara sentral. Kewajiban kepala sekolah dan guru-guru sebagian besar hanya menjalankan apa yang telah ditetapkan dan diinstruksikan. Dengan adanya desentralisasi, menjadi lain, pada penyelenggaraan pendidikan masyarakat diikutsertakan dan turut serta dalam usaha-usaha pendidikan. Tanggung jawab kepala sekolah dan guru semakin banyak dan luas. Dahulu, kepala sekolah telah dianggap baik dan cakap kalau sekolahnya dapat berjalan dengan teratur tanpa menghiraukan kepentingan dan berhubungan dengan masyarakat sekitarnya. Tetapi penilaian sekarang lebih dari itu. Tugas kepala sekolah sekarang mengatur jalannya sekolah dan dapat bekerjasama dan berhubungan erat dengan masyarakat. Kepala sekolah wajib membangkitkan semangat staf guru-guru dan pegawai sekolah untuk bekerja dengan baik, membangun visi dan misi, kesejahteraan hubungan dengan pegawai sekolah dan murid, mengembangkan kurikulum. Salah satu tugas kepala sekolah adalah sebagai pembina dan pembimbing guru agar bekerja dengan betul dalam proses pembelajaran siswanya. Supervisi pembelajaran mempunyai tiga prinsip yaitu: (a) supervisi pembelajaran langsung mempengaruhi dan mengembangkan perilaku guru dalam mengelola proses belajar mengajar, (b) perilaku supervisor dalam membantu guru mengembangkan kemampuannya harus didesain dengan jelas; (c) tujuan supervisi pembelajaran adalah guru makin mampu menjadi fasilitator dalam belajar bagi siswanya. Menurut keputusan Menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 0134/0/1977, termasuk kategori supervisor dalam pendidikan adalah kepala sekolah, pemilik sekolah, dan para pengawas di tingkat kabupaten/kotamadya, serta staf di kantor bidang yang ada di tiap provinsi. Salah satu tugas pengawas dengan perincian sebagai berikut: "Mengendalikan pelaksanaan kurikulum meliputi isi, metode penyajian, penggunaan alat perlengkapan dan penilaian agar sesuai dengan ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku." Pada tambu-rambu penilaian kinerja kepala sekolah (SD) Dirjen Dikdasmen Tahun 2000 sebagai berikut: 1) Kemampuan menyusun program supervisi pendidikan 2) Kemampuan melaksanakan pendidikan 3) Kemampuan memanfaatkan hasil supervise Dalam era desentralisasi, kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur jalannya sekolah dan bekerjasama dengan masyarakat. Mereka harus membangkitkan semangat staf guru-guru dan pegawai sekolah untuk bekerja dengan baik, membangun visi dan misi, kesejahteraan hubungan dengan pegawai sekolah dan murid, serta mengembangkan kurikulum. Supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah juga sangat penting untuk memastikan bahwa guru-guru dapat menjadi fasilitator yang efektif dalam proses pembelajaran siswa. Dengan demikian, kepala sekolah harus mampu menyusun program supervisi pendidikan, melaksanakan pendidikan, dan memanfaatkan hasil supervise untuk mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan.