Analisis Kesalahan Umum dalam Teks Narasi: Studi Kasus pada Siswa SMA

4
(141 votes)

Kesalahan Umum dalam Teks Narasi

Teks narasi adalah salah satu jenis teks yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Teks ini berfungsi untuk menceritakan suatu peristiwa atau kejadian yang terjadi dalam urutan waktu tertentu. Namun, dalam penulisan teks narasi, seringkali ditemukan berbagai kesalahan yang dilakukan oleh penulis, khususnya siswa SMA. Kesalahan-kesalahan ini dapat berupa kesalahan struktur, tata bahasa, penggunaan kata, dan lain sebagainya.

Struktur Teks Narasi yang Salah

Salah satu kesalahan umum yang sering ditemui dalam penulisan teks narasi oleh siswa SMA adalah struktur teks yang salah. Struktur teks narasi yang benar seharusnya terdiri dari orientasi, komplikasi, dan resolusi. Namun, seringkali siswa mengabaikan salah satu atau beberapa bagian ini. Misalnya, ada yang hanya menulis orientasi dan komplikasi, tetapi tidak menulis resolusi. Atau sebaliknya, ada yang menulis komplikasi dan resolusi, tetapi tidak menulis orientasi.

Kesalahan Tata Bahasa

Kesalahan lain yang sering ditemui dalam penulisan teks narasi oleh siswa SMA adalah kesalahan tata bahasa. Kesalahan ini bisa berupa kesalahan dalam penggunaan kata kerja, kata benda, kata sifat, dan lain sebagainya. Misalnya, ada yang menggunakan kata kerja yang tidak sesuai dengan subjeknya, atau menggunakan kata benda yang tidak sesuai dengan konteks ceritanya.

Penggunaan Kata yang Salah

Penggunaan kata yang salah juga menjadi kesalahan umum dalam penulisan teks narasi oleh siswa SMA. Kesalahan ini bisa berupa penggunaan kata yang tidak sesuai dengan konteks ceritanya, penggunaan kata yang berlebihan, atau penggunaan kata yang tidak tepat. Misalnya, ada yang menggunakan kata "menggigil" untuk menggambarkan suasana yang sejuk, padahal kata yang lebih tepat adalah "sejuk" atau "dingin".

Kesimpulan

Dari analisis di atas, dapat disimpulkan bahwa ada beberapa kesalahan umum yang sering ditemui dalam penulisan teks narasi oleh siswa SMA, yaitu kesalahan struktur, tata bahasa, dan penggunaan kata. Untuk mengatasi kesalahan-kesalahan ini, diperlukan pembelajaran yang lebih intensif dan mendalam tentang penulisan teks narasi. Selain itu, siswa juga perlu banyak membaca dan berlatih menulis teks narasi agar dapat memahami dan menguasai struktur, tata bahasa, dan penggunaan kata yang benar dalam penulisan teks narasi.