Pengembangan Media PPT Interaktif Berbasis Canva untuk Meningkatkan Speaking Skill pada Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 1 SDN 1 Rahayu
Pendahuluan: Pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SD merupakan hal yang penting untuk membantu siswa memperoleh keterampilan berkomunikasi yang baik dalam bahasa Inggris. Salah satu keterampilan yang perlu ditingkatkan adalah speaking skill. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media PPT interaktif berbasis Canva yang dapat meningkatkan speaking skill pada pembelajaran bahasa Inggris kelas 1 SDN 1 Rahayu. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 1 SDN 1 Rahayu yang dipilih secara acak. Data dikumpulkan melalui tes speaking sebelum dan setelah menggunakan media PPT interaktif berbasis Canva. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam speaking skill siswa setelah menggunakan media PPT interaktif berbasis Canva. Rata-rata skor speaking siswa meningkat sebesar 20% setelah menggunakan media ini. Hal ini menunjukkan bahwa media PPT interaktif berbasis Canva efektif dalam meningkatkan speaking skill siswa. Diskusi: Media PPT interaktif berbasis Canva memiliki beberapa keunggulan dalam meningkatkan speaking skill siswa. Pertama, media ini menawarkan pengalaman belajar yang interaktif dan menarik bagi siswa. Kedua, media ini memungkinkan siswa untuk berlatih speaking skill secara mandiri melalui fitur-fitur interaktif yang disediakan. Ketiga, media ini dapat digunakan secara fleksibel di kelas maupun di rumah. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media PPT interaktif berbasis Canva efektif dalam meningkatkan speaking skill pada pembelajaran bahasa Inggris kelas 1 SDN 1 Rahayu. Media ini dapat digunakan sebagai alternatif yang menarik dan efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Oleh karena itu, disarankan agar media ini dapat diterapkan dalam pembelajaran bahasa Inggris di tingkat SD.