Hukum Latihan: Membentuk Hubungan Stimulus dan Respons

4
(372 votes)

Hukum latihan atau pengulangan adalah konsep penting dalam psikologi dan pembelajaran yang menjelaskan bagaimana hubungan stimulus dan respons dapat terbentuk melalui latihan dan pengulangan. Dengan memahami dan menerapkan hukum ini, kita dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengembangan keterampilan. Hukum latihan menyatakan bahwa hubungan stimulus dan respons akan semakin kuat dan terbentuk dengan baik jika stimulus dan respons tersebut sering dilatih dan diulang-ulang. Ini berarti mengulangi suatu stimulus dan meresponsnya secara konsisten, hubungan antara stimulus dan respons akan semakin kuat dan terbentuk dengan baik. Contoh hubungan stimulus dan respons yang dapat terbentuk melalui latihan dan pengulangan adalah dalam konteks pembelajaran bahasa. Misalnya, jika seorang siswa secara konsisten dilatih untuk mengucapkan kata-kata dalam bahasa asing dan meresponsnya dengan benar, hubungan antara kata-kata tersebut dan respon siswa akan semakin kuat. Dengan demikian, siswa akan semakin cepat dan akurat dalam memahami dan menggunakan kata-kata tersebut. Selain itu, hukum latihan juga dapat diterapkan dalam konteks pembentukan kebiasaan. Misalnya, jika seseorang secara konsisten berlatih dan mengulang-ulang suatu tindakan, seperti berolahraga secara teratur, tindakan tersebut akan menjadi kebiasaan yang terbentuk dan diintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kesimpulannya, hukum latihan adalah konsep penting dalam psikologi dan pembelajaran yang menjelaskan bagaimana hubungan stimulus dan respons dapat terbentuk melalui latihan dan pengulangan. Dengan memahami dan menerapkan hukum ini, kita dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran dan pengembangan keterampilan.