Meningkatkan Pemahaman Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan dengan Media Blok Pecahan di Kelas IV UPT SDN 18 Turatea **

4
(163 votes)

Penggunaan media pembelajaran yang tepat dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar. Salah satu media yang dapat digunakan untuk pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan adalah media blok pecahan. Penelitian ini dilakukan di kelas IV UPT SDN 18 Turatea dengan melibatkan 19 siswa sebagai sampel. Hasil observasi menunjukkan bahwa penggunaan media blok pecahan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV UPT SDN 18 Turatea berlangsung dengan sangat baik. Pada pertemuan pertama, 32 dari 42 langkah pembelajaran terlaksana. Meskipun beberapa siswa masih kurang memahami cara penerapan media blok pecahan, pembelajaran tetap efektif. Pada pertemuan kedua, semua aspek yang diamati dalam lembar observasi keterlaksanaan media blok pecahan terpenuhi. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media blok pecahan sangat efektif dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV UPT SDN 18 Turatea. Meskipun terdapat beberapa kendala dalam penerapan media blok pecahan, seperti beberapa siswa yang masih kurang memahami cara penggunaannya, secara keseluruhan, penggunaan media ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Kesimpulan: Penggunaan media blok pecahan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan di kelas IV UPT SDN 18 Turatea terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Media ini membantu siswa dalam memahami konsep pecahan dan memudahkan mereka dalam melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Saran:** Penelitian ini dapat dilanjutkan dengan melibatkan lebih banyak siswa dan kelas. Selain itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengkaji efektivitas media blok pecahan dalam pembelajaran materi matematika lainnya.