Penyelesaian Garis Bilangan untuk Kebutuhan Membeli Sepatu Olahraga Anak Yatim

4
(270 votes)

Dalam matematika, garis bilangan digunakan untuk mewakili semua bilangan real pada suatu garis. Garis bilangan ini sangat berguna dalam menyelesaikan masalah matematika, termasuk masalah yang melibatkan ketidaksetaraan. Dalam artikel ini, kita akan menggunakan garis bilangan untuk menyelesaikan masalah ketidaksetaraan \(5-3x > 14\), dengan \(x\) merupakan bilangan bulat. Pertama-tama, mari kita pahami arti dari ketidaksetaraan ini. Ketidaksetaraan \(5-3x > 14\) berarti bahwa hasil pengurangan \(5-3x\) lebih besar dari 14. Untuk menyelesaikan ketidaksetaraan ini, kita perlu mencari nilai \(x\) yang memenuhi ketidaksetaraan tersebut. Langkah pertama adalah mengurangi 5 dari kedua sisi ketidaksetaraan, sehingga kita mendapatkan \( -3x > 9\). Selanjutnya, kita perlu membagi kedua sisi dengan -3. Namun, perlu diingat bahwa ketika kita membagi ketidaksetaraan dengan bilangan negatif, kita perlu membalik tanda ketidaksetaraan. Jadi, kita akan mendapatkan \(x < -3\). Dengan demikian, solusi dari ketidaksetaraan \(5-3x > 14\) adalah semua bilangan bulat yang lebih kecil dari -3. Dalam konteks kebutuhan Pak Soni untuk membelikan anak-anak yatim sepatu olahraga, kita dapat menggunakan solusi ini untuk menentukan harga dan banyak sepatu olahraga berdasarkan jenjang pendidikan. Misalnya, jika kita memiliki seorang anak yatim yang berada pada jenjang pendidikan dasar, maka kita dapat membelikan sepatu olahraga dengan harga yang sesuai dengan solusi \(x < -3\). Begitu pula untuk anak yatim pada jenjang pendidikan menengah atau tinggi, kita dapat menyesuaikan harga dan banyak sepatu olahraga berdasarkan solusi ini. Dengan menggunakan garis bilangan dan penyelesaian ketidaksetaraan, kita dapat dengan mudah menentukan harga dan banyak sepatu olahraga yang sesuai dengan kebutuhan anak yatim. Hal ini tidak hanya membantu Pak Soni dalam membelikan sepatu olahraga, tetapi juga memberikan kesempatan bagi anak-anak yatim untuk memiliki sepatu olahraga yang sesuai dengan jenjang pendidikan mereka. Dalam kesimpulan, garis bilangan dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah matematika yang melibatkan ketidaksetaraan. Dalam konteks kebutuhan Pak Soni untuk membelikan sepatu olahraga anak yatim, garis bilangan dapat membantu menentukan harga dan banyak sepatu olahraga berdasarkan jenjang pendidikan. Dengan menggunakan penyelesaian ketidaksetaraan, kita dapat memberikan kesempatan bagi anak-anak yatim untuk memiliki sepatu olahraga yang sesuai dengan kebutuhan mereka.