Pengurangan Pecahan dan Bilangan Desimal
Dalam matematika, kita sering kali dihadapkan pada tugas mengurangkan pecahan dan bilangan desimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengurangkan dua pecahan dan dua bilangan desimal yang diberikan. Mari kita lihat contoh-contoh yang diberikan. Pertama, mari kita lihat pengurangan pecahan. Misalnya, kita memiliki pecahan \(\frac{7}{9}\) dan \(\frac{4}{9}\). Untuk mengurangkannya, kita perlu memastikan bahwa penyebut kedua pecahan tersebut sama. Karena kedua pecahan tersebut memiliki penyebut yang sama, yaitu 9, kita dapat langsung mengurangkan pembilangnya. Sehingga, hasil pengurangan dari \(\frac{7}{9}\) dan \(\frac{4}{9}\) adalah \(\frac{7-4}{9} = \frac{3}{9}\). Selanjutnya, mari kita lihat pengurangan bilangan desimal. Misalnya, kita memiliki bilangan desimal 36.111 dan 2.167. Untuk mengurangkannya, kita perlu mengurangkan setiap tempat desimal secara terpisah. Dalam kasus ini, kita mulai dengan tempat desimal paling kecil, yaitu tempat desimal ketiga. Kita kurangkan 1 dari 7, sehingga kita mendapatkan 6. Kemudian, kita kurangkan 1 dari 1, sehingga kita mendapatkan 0. Pada tempat desimal kedua, kita kurangkan 6 dari 6, sehingga kita mendapatkan 0. Terakhir, pada tempat desimal pertama, kita kurangkan 3 dari 3, sehingga kita juga mendapatkan 0. Sehingga, hasil pengurangan dari 36.111 dan 2.167 adalah 34.944. Dari contoh-contoh di atas, kita dapat melihat bahwa pengurangan pecahan dan bilangan desimal dapat dilakukan dengan mengurangkan pembilang atau setiap tempat desimal secara terpisah. Penting untuk memastikan bahwa penyebut pecahan sama sebelum mengurangkannya. Selain itu, kita juga harus berhati-hati saat mengurangkan setiap tempat desimal dalam bilangan desimal. Dalam matematika, pengurangan pecahan dan bilangan desimal adalah konsep yang penting untuk dipahami. Dengan memahami cara mengurangkan pecahan dan bilangan desimal, kita dapat menggunakannya dalam berbagai aplikasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti dalam perhitungan keuangan, statistik, dan ilmu pengetahuan alam.