Perbedaan Pendekatan Pelajaran Holistik dan Konstruktivisme

4
(285 votes)

Pendekatan pelajaran holistik dan konstruktivisme adalah dua pendekatan yang berbeda dalam proses pembelajaran. Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa, pendekatan ini memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara mereka mencapai tujuan tersebut. Pendekatan pelajaran holistik adalah pendekatan yang melibatkan penggunaan konteks nyata dan pengalaman siswa dalam proses pembelajaran. Dalam pendekatan ini, siswa diajak untuk melihat hubungan antara berbagai konsep dan topik yang mereka pelajari. Misalnya, dalam pelajaran sejarah, siswa tidak hanya mempelajari tanggal dan peristiwa penting, tetapi juga memahami konteks sosial, politik, dan budaya di mana peristiwa tersebut terjadi. Pendekatan holistik ini membantu siswa untuk melihat gambaran besar dan memahami bagaimana berbagai konsep saling terkait. Di sisi lain, pendekatan konstruktivisme menekankan pada peran aktif siswa dalam pembelajaran. Dalam pendekatan ini, siswa dianggap sebagai konstruktor pengetahuan mereka sendiri. Mereka diberi kesempatan untuk mengkonstruksi pemahaman mereka sendiri melalui eksplorasi, diskusi, dan refleksi. Guru berperan sebagai fasilitator yang membantu siswa dalam proses konstruksi pengetahuan mereka. Misalnya, dalam pelajaran matematika, siswa tidak hanya diberi rumus dan aturan, tetapi juga diberi kesempatan untuk mencoba dan menciptakan solusi mereka sendiri. Perbedaan utama antara pendekatan pelajaran holistik dan konstruktivisme terletak pada fokusnya. Pendekatan holistik lebih menekankan pada konteks dan hubungan antara konsep, sedangkan pendekatan konstruktivisme lebih menekankan pada peran aktif siswa dalam pembelajaran. Namun, keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Dalam konteks pendidikan yang sekarang, kedua pendekatan ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pendekatan holistik dapat membantu siswa melihat gambaran besar dan memahami hubungan antara konsep, tetapi mungkin kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. Di sisi lain, pendekatan konstruktivisme memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif dalam pembelajaran, tetapi mungkin kurang memberikan pemahaman yang komprehensif tentang konteks dan hubungan antara konsep. Dalam prakteknya, pendekatan pembelajaran yang efektif adalah kombinasi dari kedua pendekatan ini. Guru harus menggunakan pendekatan holistik untuk membantu siswa melihat gambaran besar dan memahami hubungan antara konsep, sambil memberikan kesempatan bagi siswa untuk aktif dalam pembelajaran dan mengkonstruksi pengetahuan mereka sendiri. Dengan demikian, siswa akan memiliki pemahaman yang komprehensif dan keterampilan yang kuat dalam berbagai bidang pembelajaran. Dalam kesimpulan, pendekatan pelajaran holistik dan konstruktivisme memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara mereka mencapai tujuan pembelajaran. Pendekatan holistik menekankan pada konteks dan hubungan antara konsep, sedangkan pendekatan konstruktivisme menekankan pada peran aktif siswa dalam pembelajaran. Namun, kedua pendekatan ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa. Dalam prakteknya, pendekatan pembelajaran yang efektif adalah kombinasi dari kedua pendekatan ini, yang memungkinkan siswa untuk melihat gambaran besar, memahami hubungan antara konsep, dan aktif dalam pembelajaran.