Pentingnya SART dan Pemeliharaan Baterai di Kapal

4
(107 votes)

SART (Search And Rescue Radar Transponder) adalah alat bantu yang digunakan di atas kapal untuk mempermudah penemuan lokasi sekoci penolong dalam keadaan bahaya. Fungsi utama SART adalah memancarkan sinyal ke kapal di sekitarnya setelah terinterogasi oleh radar kapal. Namun, tidak semua radar dapat menerima sinyal SART, hanya radar dengan klasifikasi 9 GHz (Giga Hertz) atau 3 CM band saja yang dapat menerimanya. Setelah terinterogasi, kapal tersebut dapat melakukan pencarian lokasi yang terpancar dari SART. Untuk mengaktifkan SART, terdapat tombol yang terletak di bawah alat tersebut. Tekan tombol ke atas dan geser ke arah tulisan "ON" untuk mengaktifkannya. Lampu indikator yang berwarna hijau akan menyala jika SART berfungsi dengan baik. Namun, jika lampu indikator mati, kemungkinan besar baterai dari SART sudah kadaluarsa. Ketika SART terinterogasi oleh radar, lampu indikator akan berubah menjadi warna kuning dan disertai dengan suara beep-beep-beep. Penting untuk mencantumkan data expire date baterai pada badan unit SART agar dapat dengan jelas terlihat. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengontrolan kapan baterai harus diganti. Baterai yang sudah kadaluarsa tidak akan berfungsi dengan baik dan dapat mengganggu kinerja SART. Oleh karena itu, pemeliharaan baterai sangat penting untuk memastikan SART selalu siap digunakan dalam situasi darurat. Selain SART, baterai juga memiliki peran penting di atas kapal sebagai sumber tenaga listrik induk untuk peralatan radio. Hal ini dikarenakan sumber tenaga dari generator kapal tidak boleh menjadi sumber tenaga induk perangkat radio. Jika terjadi black out pada generator kapal, peralatan radio tidak akan berfungsi atau tidak dapat digunakan. Oleh karena itu, baterai harus dapat mensupply peralatan radio komunikasi selama minimal 6 jam sesuai ketentuan SOLAS. Jika baterai hanya mampu bertahan selama 1 jam, harus ada generator cadangan untuk pengisian. Selain itu, baterai juga harus diisi hingga penuh (full power) dengan menggunakan full charger selama 10 jam agar dapat digunakan dengan optimal. Dalam kesimpulan, SART dan pemeliharaan baterai merupakan hal yang sangat penting di atas kapal. SART membantu dalam penemuan lokasi sekoci penolong dalam keadaan bahaya, sementara baterai menjadi sumber tenaga listrik induk untuk peralatan radio. Dengan menjaga dan memeriksa secara rutin SART dan baterai, kapal dapat memastikan kesiapan dan keandalan peralatan dalam situasi darurat.