Refleksi Rubrik Checklist 1.1 UBD: Menjembatani Desain Pembelajaran yang Bermakna **

4
(342 votes)

Pengisian rubrik checklist 1.1 dalam pembelajaran UBD merupakan langkah penting dalam memetakan capaian pembelajaran dan merancang strategi yang efektif. Refleksi terhadap hasil rubrik ini menjadi kunci untuk memahami bagaimana pengalaman merancang pembelajaran Understanding by Design (UBD) dapat dihubungkan dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Hubungan Rubrik Checklist 1.1 dengan Pengalaman Merancang Pembelajaran UBD: Rubrik checklist 1.1 menekankan pada aspek-aspek penting dalam pembelajaran UBD, seperti: * Tujuan Pembelajaran: Rubrik ini mendorong guru untuk merumuskan tujuan pembelajaran yang jelas, terukur, dan relevan dengan kebutuhan siswa. Pengalaman merancang pembelajaran UBD mengajarkan pentingnya mendefinisikan tujuan pembelajaran yang bermakna dan terhubung dengan dunia nyata. * Asesmen: Rubrik ini mendorong guru untuk merancang asesmen yang valid dan reliabel untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran. Pengalaman merancang pembelajaran UBD mengajarkan pentingnya menggunakan berbagai metode asesmen yang dapat memberikan gambaran yang komprehensif tentang pemahaman siswa. * Strategi Pembelajaran: Rubrik ini mendorong guru untuk memilih strategi pembelajaran yang efektif dan sesuai dengan tujuan pembelajaran. Pengalaman merancang pembelajaran UBD mengajarkan pentingnya memilih strategi yang melibatkan siswa secara aktif dan mendorong mereka untuk berpikir kritis dan kreatif. Refleksi dan Penerapan: Refleksi terhadap hasil rubrik checklist 1.1 dapat membantu guru untuk: * Meningkatkan Kualitas Desain Pembelajaran: Dengan memahami kekuatan dan kelemahan desain pembelajaran, guru dapat melakukan penyesuaian dan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. * Memperkuat Hubungan dengan Siswa: Rubrik ini mendorong guru untuk memahami kebutuhan dan karakteristik siswa. Dengan memahami kebutuhan siswa, guru dapat merancang pembelajaran yang lebih relevan dan bermakna bagi mereka. * Meningkatkan Kemampuan Guru: Pengisian rubrik checklist 1.1 secara berkala dapat membantu guru untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam merancang pembelajaran yang efektif dan berpusat pada siswa. Kesimpulan:** Pengisian rubrik checklist 1.1 dalam pembelajaran UBD merupakan langkah penting dalam memetakan capaian pembelajaran dan merancang strategi yang efektif. Refleksi terhadap hasil rubrik ini dapat membantu guru untuk meningkatkan kualitas desain pembelajaran, memperkuat hubungan dengan siswa, dan meningkatkan kemampuan mereka dalam merancang pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan demikian, rubrik checklist 1.1 menjadi jembatan yang menghubungkan pengalaman merancang pembelajaran UBD dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.