Analisis Model-model Evaluasi Pembelajaran di Perguruan Tinggi

4
(262 votes)

Pendidikan tinggi memiliki peran penting dalam membentuk generasi penerus bangsa yang berkualitas. Salah satu aspek penting dalam pendidikan tinggi adalah evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran di perguruan tinggi tidak hanya berfungsi untuk mengukur pencapaian belajar mahasiswa, tetapi juga sebagai alat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran itu sendiri. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa model evaluasi pembelajaran yang sering digunakan di perguruan tinggi.

Model Evaluasi Pembelajaran Formatif

Model evaluasi pembelajaran formatif adalah model evaluasi yang dilakukan secara berkelanjutan selama proses pembelajaran berlangsung. Tujuan utama dari model ini adalah untuk memberikan umpan balik kepada mahasiswa dan dosen tentang proses dan hasil belajar yang sedang berlangsung. Dengan demikian, model evaluasi pembelajaran formatif ini dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan dalam proses belajar.

Model Evaluasi Pembelajaran Sumatif

Berbeda dengan model evaluasi pembelajaran formatif, model evaluasi pembelajaran sumatif dilakukan pada akhir periode pembelajaran. Tujuan utama dari model ini adalah untuk mengukur pencapaian belajar mahasiswa secara keseluruhan. Hasil dari model evaluasi pembelajaran sumatif ini sering digunakan sebagai dasar untuk penentuan nilai akhir mahasiswa.

Model Evaluasi Pembelajaran Otentik

Model evaluasi pembelajaran otentik adalah model evaluasi yang berusaha untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam konteks yang nyata dan otentik. Dalam model ini, mahasiswa diharapkan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan tugas atau proyek yang mirip dengan situasi yang mereka hadapi di dunia kerja. Model evaluasi pembelajaran otentik ini dapat membantu mahasiswa dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

Model Evaluasi Pembelajaran Portofolio

Model evaluasi pembelajaran portofolio adalah model evaluasi yang menggunakan kumpulan bukti belajar mahasiswa sebagai dasar evaluasi. Bukti-bukti belajar ini dapat berupa tugas, proyek, laporan, atau produk lainnya yang dibuat oleh mahasiswa selama proses pembelajaran. Model evaluasi pembelajaran portofolio ini dapat memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang pencapaian belajar mahasiswa.

Setiap model evaluasi pembelajaran di perguruan tinggi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Oleh karena itu, dalam memilih model evaluasi pembelajaran, perguruan tinggi perlu mempertimbangkan berbagai faktor, seperti tujuan pembelajaran, karakteristik mahasiswa, dan konteks pembelajaran. Selain itu, perguruan tinggi juga perlu melakukan evaluasi dan peningkatan berkelanjutan terhadap model evaluasi pembelajaran yang digunakan untuk memastikan bahwa model tersebut dapat berfungsi dengan efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.