Evaluasi Kriteria SMART pada Tujuan Pembelajaran Modul Kimi
Dalam merancang modul pembelajaran kimia, penting untuk memastikan bahwa tujuan pembelajaran yang disusun oleh guru memenuhi kriteria SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Time-bound) tanpa menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar yang jelas. Evaluasi terhadap tujuan pembelajaran pada modul kimia tersebut menunjukkan bahwa tujuan yang disusun telah memenuhi kriteria SMART dengan baik. Tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dalam modul kimia tersebut mencakup beberapa aspek penting. Pertama, tujuan tersebut mencakup pemahaman akan unsur kimia beserta sifat-sifatnya. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan tersebut spesifik dalam mengarahkan siswa untuk memahami karakteristik masing-masing unsur kimia secara detail. Selain itu, tujuan pembelajaran juga menekankan pada perbedaan antara unsur logam dan non-logam berdasarkan sifat-sifatnya. Hal ini mencerminkan tujuan yang dapat diukur, di mana siswa diharapkan mampu menjelaskan dengan jelas perbedaan karakteristik antara kedua jenis unsur tersebut. Tujuan berikutnya adalah mendeskripsikan perbedaan antara unsur dan senyawa, serta menyajikan informasi tentang penggunaan unsur tertentu dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan ini relevan dengan konteks pembelajaran kimia dan memberikan gambaran yang jelas mengenai aplikasi praktis dari konsep-konsep kimia yang dipelajari. Selain itu, tujuan pembelajaran juga mencakup pemahaman perbedaan antara unsur, senyawa, dan campuran, serta berbagai metode untuk memisahkan campuran. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran tersebut dapat dicapai secara achievable, di mana siswa diharapkan mampu membedakan antara ketiga konsep tersebut dan memahami teknik pemisahan campuran yang relevan. Terakhir, tujuan pembelajaran juga menggali berbagai metode pemisahan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah lingkungan. Hal ini menunjukkan bahwa tujuan pembelajaran pada modul kimia tersebut time-bound, di mana siswa diarahkan untuk memahami konsep pemisahan campuran dalam konteks penerapannya dalam menyelesaikan permasalahan lingkungan. Dengan demikian, evaluasi terhadap tujuan pembelajaran pada modul kimia menunjukkan bahwa tujuan tersebut telah memenuhi kriteria SMART dengan baik, tanpa menimbulkan penafsiran ganda dan mengandung perilaku hasil belajar yang jelas sesuai dengan kebutuhan pembelajaran kimia.