Implementasi Pendekatan Tematik dalam Kurikulum Kelas I dan II

4
(217 votes)

Kurikulum untuk kelas I dan II memiliki beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi. Alokasi waktu total yang disediakan adalah 27 jam pelajaran, atau sekolah dapat menambah mata pelajaran sebagai muatan lokal. Satu jam pelajaran tatap muka dilaksanakan selama 35 minggu efektif dalam satu tahun pelajaran, dengan jumlah jam sekolah efektif per minggu adalah 1085 menit atau 36.890 menit atau 615 jam belajar per tahun. Alokasi waktu sebanyak 27 jam pelajaran pada dasarnya terbagi menjadi tiga komposisi. Pertama, 20% waktu dialokasikan untuk mata pelajaran Agama. Kedua, 50% waktu dialokasikan untuk mata pelajaran Membaca serta Berhitung. Dan ketiga, 30% waktu dialokasikan untuk mata pelajaran Sains, Pengetahuan, dan Kesenian, serta Pendidikan Jasmani. Dalam kegiatan pembelajaran, pendekatan tematik digunakan untuk memastikan bahwa siswa mendapatkan hasil belajar yang bermakna dan pengelolaan waktu yang efektif. Pemilihan tema-tema tersebut dilakukan secara bervariasi agar siswa dapat mengembangkan pemahaman yang holistik tentang dunia di sekitar mereka. Selain itu, terdapat penekanan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada aspek membaca dan menulis permulaan. Hal ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan siswa dalam berkomunikasi secara tertulis. Selain itu, terdapat juga penekanan pada mata pelajaran Matematika pada aspek kemampuan berhitung. Tujuannya adalah untuk melatih siswa dalam memahami konsep matematika secara lebih baik. Selain itu, terdapat juga penekanan pada mata pelajaran Kerajinan Tangan dan Kesenian. Siswa akan diajarkan keterampilan seperti menggambar, menganyam, membuat mozaik, dan merangkai bunga. Selain itu, siswa juga akan diajarkan keterampilan menyanyi dengan menggunakan alat musik yang sesuai dengan kemampuan mereka. Dengan implementasi pendekatan tematik dalam kurikulum kelas I dan II, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman yang holistik tentang dunia di sekitar mereka. Melalui pendekatan ini, siswa akan lebih aktif dalam proses pembelajaran dan dapat mengaitkan pengetahuan yang mereka pelajari dengan kehidupan sehari-hari mereka.