Peran Evaluasi Sumatif dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Perguruan Tinggi

4
(316 votes)

Evaluasi merupakan komponen integral dalam sistem pendidikan tinggi. Sebagai sebuah proses berkelanjutan, evaluasi bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas pendidikan secara keseluruhan. Di perguruan tinggi, terdapat dua jenis evaluasi yang umum diterapkan, yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Keduanya memiliki peran yang saling melengkapi dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran.

Evaluasi sumatif memiliki peran krusial dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi. Melalui evaluasi ini, dosen dapat memperoleh informasi berharga mengenai pencapaian mahasiswa dan efektivitas proses pembelajaran. Hasil evaluasi sumatif dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan perbaikan dan pengembangan kurikulum, metode pengajaran, serta sistem penilaian. Dengan demikian, evaluasi sumatif berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan mutu pendidikan tinggi.