Studi Komparatif: Efektivitas Model PKL Konvensional dan Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Soft Skills Mahasiswa

4
(362 votes)

Pendahuluan

Pendidikan kejuruan dan latihan (PKL) telah menjadi bagian integral dari sistem pendidikan tinggi di Indonesia. PKL bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan praktis dan pengetahuan yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja. Dalam beberapa tahun terakhir, dua model PKL telah mendominasi: model konvensional dan model berbasis proyek. Kedua model ini memiliki pendekatan yang berbeda dalam meningkatkan soft skills mahasiswa. Artikel ini akan membahas efektivitas kedua model ini dalam konteks peningkatan soft skills mahasiswa.

Model PKL Konvensional dan Soft Skills

Model PKL konvensional biasanya melibatkan penempatan mahasiswa di perusahaan atau organisasi untuk periode waktu tertentu. Selama penempatan ini, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk menerapkan pengetahuan teoritis mereka dalam situasi praktis. Model ini efektif dalam meningkatkan soft skills seperti komunikasi, kerja sama tim, dan penyelesaian masalah. Namun, model ini sering kali tidak memberikan cukup ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif mereka, karena mereka biasanya diharuskan untuk mengikuti prosedur dan protokol yang sudah ada.

Model PKL Berbasis Proyek dan Soft Skills

Di sisi lain, model PKL berbasis proyek memberikan lebih banyak ruang bagi mahasiswa untuk berinovasi dan berpikir kritis. Dalam model ini, mahasiswa diberi proyek atau tugas tertentu yang harus mereka selesaikan selama periode PKL mereka. Proyek ini biasanya melibatkan penyelesaian masalah nyata yang dihadapi oleh perusahaan atau organisasi. Dengan demikian, mahasiswa mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif mereka, serta keterampilan lain seperti manajemen proyek dan kepemimpinan.

Perbandingan Efektivitas Kedua Model

Ketika membandingkan efektivitas kedua model ini, penting untuk mempertimbangkan tujuan dan konteks spesifik PKL. Jika tujuannya adalah untuk mempersiapkan mahasiswa untuk pekerjaan yang membutuhkan pemahaman mendalam tentang prosedur dan protokol tertentu, model konvensional mungkin lebih efektif. Namun, jika tujuannya adalah untuk mengembangkan keterampilan kritis dan kreatif mahasiswa, model berbasis proyek mungkin lebih sesuai.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, baik model PKL konvensional maupun berbasis proyek memiliki kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing dalam konteks peningkatan soft skills mahasiswa. Model konvensional efektif dalam mengajarkan keterampilan praktis dan pengetahuan tentang prosedur dan protokol tertentu, sementara model berbasis proyek memberikan lebih banyak ruang bagi mahasiswa untuk berinovasi dan berpikir kritis. Oleh karena itu, pilihan model PKL harus didasarkan pada tujuan dan konteks spesifik PKL, serta kebutuhan dan preferensi mahasiswa.