Bagian Utama:\x0a\x0a**Judul:** Menangani Permasalahan Perkembangan Sosial-Emosional Anak di Lingkungan Sekolah TK atau PAUD\x0a\x0a**
** <br/ > <br/ >Dalam konteks perkembangan sosial-emosional anak di lingkungan sekolah TK atau PAUD, terdapat beberapa permasalahan yang sering dijumpai, seperti anak menangis saat masuk kelas dan berteriak kencang meminta agar ibu/bapak/pengantarnya untuk ikut masuk ke kelas. Sebagai seorang guru, menangani permasalahan semacam ini memerlukan pendekatan yang tepat. <br/ > <br/ >Pendekatan pertama yang dapat diambil adalah memberikan dukungan emosional kepada anak tersebut. Guru dapat memberikan kata-kata penghibur dan menciptakan suasana yang kondusif di kelas untuk membantu anak merasa lebih nyaman saat masuk kelas tanpa ibu/bapak/pengantarnya. <br/ > <br/ >Selain itu, guru juga dapat bekerja sama dengan orang tua atau pengantarnya untuk memahami latar belakang permasalahan tersebut. Dengan komunikasi terbuka, guru dapat memberikan s