Analisis Tingkat Kepuasan Pelanggan di Berbagai Lokasi Toko

3
(80 votes)

Dalam studi kasus ini, kita akan menganalisis tingkat kepuasan pelanggan di berbagai lokasi toko dari sebuah rantai ritel. Perusahaan ini mengumpulkan skor kepuasan pelanggan dari pelanggan yang dipilih secara acak di setiap toko dan mengkategorikannya menjadi tiga kelompok: Pusat Kota, Pinggiran Kota, dan Lokasi Pedesaan. Pertanyaan yang akan kita jawab dalam artikel ini adalah: 1. Apakah ada perbedaan signifikan dalam tingkat kepuasan pelanggan di berbagai lokasi toko? 2. Jika ada perbedaan signifikan, lakukan uji post hoc untuk mengidentifikasi pasangan lokasi toko tertentu dengan skor kepuasan yang berbeda. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, kita akan menggunakan analisis One-Way ANOVA. Analisis ini akan membantu kita menentukan apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelompok lokasi toko dalam hal kepuasan pelanggan. Jika ada perbedaan yang signifikan, kita akan melanjutkan dengan melakukan uji post hoc untuk mengidentifikasi pasangan lokasi toko yang memiliki skor kepuasan yang berbeda secara signifikan. Dataset yang akan kita gunakan terdiri dari skor kepuasan pelanggan di berbagai lokasi toko. Berikut adalah contoh dataset yang akan kita analisis: \begin{tabular}{|c|c|c|} \hline Pelanggan & Lokasi Toko & Skor Kepuasan \\ \hline 1 & Pusat Kota & 79 \\ \hline 2 & Pusat Kota & 76 \\ \hline 3 & Pusat Kota & 76 \\ \hline 4 & Pusat Kota & 78 \\ \hline 5 & Pusat Kota & 76 \\ \hline 6 & Pusat Kota & 77 \\ \hline 7 & Pusat Kota & 79 \\ \hline 8 & Pusat Kota & 80 \\ \hline 9 & Pusat Kota & 76 \\ \hline 10 & Pusat Kota & 79 \\ \hline 11 & Pusat Kota & 76 \\ \hline 12 & Pusat Kota & 77 \\ \hline 13 & Pusat Kota & 76 \\ \hline 14 & Pusat Kota & 76 \\ \hline 15 & Pusat Kota & 80 \\ \hline 16 & Pinggiran Kota & 84 \\ \hline 17 & Pinggiran Kota & 85 \\ \hline \end{tabular} \begin{tabular}{|c|c|c|} \hline 24 & Pinggiran Kota & 87 \\ \hline 25 & Pinggiran Kota & 83 \\ \hline 26 & Pinggiran Kota & 84 \\ \hline 27 & Pinggiran Kota & 88 \\ \hline 28 & Pinggiran Kota & 84 \\ \hline 29 & Pinggiran Kota & 88 \\ \hline 30 & Pinggiran Kota & 86 \\ \hline 31 & Lokasi Pedesaan & 65 \\ \hline 32 & Lokasi Pedesaan & 68 \\ \hline 33 & Lokasi Pedesaan & 69 \\ \hline 34 & Lokasi Pedesaan & 67 \\ \hline 35 & Lokasi Pedesaan & 70 \\ \hline 36 & Lokasi Pedesaan & 68 \\ \hline 37 & Lokasi Pedesaan & 71 \\ \hline 38 & Lokasi Pedesaan & 72 \\ \hline 39 & Lokasi Pedesaan & 66 \\ \hline 40 & Lokasi Pedesaan & 69 \\ \hline 41 & Lokasi Pedesaan & 70 \\ \hline \end{tabular} \begin{tabular}{|c|c|c|} \hline 18 & Pinggiran Kota & 84 \\ \hline 19 & Pinggiran Kota & 85 \\ \hline 20 & Pinggiran Kota & 85 \\ \hline 21 & Pinggiran Kota & 83 \\ \hline 22 & Pinggiran Kota & 83 \\ \hline 23 & Pinggiran Kota & 82 \\ \hline \end{tabular} \begin{tabular}{|c|c|c|} \hline 42 & Lokasi Pedesaan & 66 \\ \hline 43 & Lokasi Pedesaan & 68 \\ \hline 44 & Lokasi Pedesaan & 68 \\ \hline 45 & Lokasi Pedesaan & 6 \\ \hline & & \\ \hline & & \\ \hline \end{tabular} Dengan menggunakan analisis ini, kita akan dapat menentukan apakah ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat kepuasan pelanggan di berbagai lokasi toko. Hasil analisis ini akan memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di seluruh toko mereka.