Meningkatkan Literasi Digital di Era Society 5.0: Menggabungkan MOOC Gamified Berbasis Game-Based Learning dengan Metaverse

4
(315 votes)

Pendahuluan: Era Society 5.0 menuntut kemampuan literasi digital yang tinggi. Salah satu pendekatan yang dapat digunakan adalah menggabungkan MOOC gamified berbasis game-based learning dengan metaverse. Bagian: ① Bagian pertama: Pengenalan tentang Era Society 5.0 dan pentingnya literasi digital dalam konteks ini. ② Bagian kedua: Penjelasan tentang MOOC gamified dan bagaimana pendekatan ini dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran. ③ Bagian ketiga: Pengenalan tentang metaverse dan bagaimana penggunaannya dapat meningkatkan pengalaman belajar siswa. Kesimpulan: Menggabungkan MOOC gamified berbasis game-based learning dengan metaverse adalah pendekatan yang efektif untuk meningkatkan literasi digital di Era Society 5.0. Hal ini dapat meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, serta memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan.