Perbandingan Metode Pengajaran Biasa dan Metode Pengajaran Terprogram dalam Pembelajaran Matematik
Pendahuluan: Sebuah studi dilakukan untuk membandingkan metode pengajaran biasa dengan metode pengajaran terprogram dalam pembelajaran matematika. Bagian: ① Metode Pengajaran Biasa: Sebuah kelas terdiri dari 12 siswa diberikan pelajaran matematika dengan metode pengajaran biasa. Setelah ujian akhir semester, kelas ini mencapai nilai rata-rata 85 dengan simpangan baku 4. ② Metode Pengajaran Terprogram: Kelas lain terdiri dari 10 siswa diberikan pelajaran yang sama tetapi dengan metode pengajaran yang menggunakan bahan yang telah diprogramkan. Setelah ujian akhir semester, kelas ini memperoleh nilai rata-rata 81 dengan simpangan baku 5. ③ Uji Hipotesis: Dengan taraf signifikasi 0,1, hipotesis yang diuji adalah bahwa tidak ada perbedaan antara kedua metode pengajaran. Asumsikan bahwa kedua populasi berdistribusi normal dengan varians yang sama. Kesimpulan: Berdasarkan hasil uji hipotesis, tidak ada perbedaan yang signifikan antara metode pengajaran biasa dan metode pengajaran terprogram dalam pembelajaran matematika.