Pentingnya Landasan Psikologis dalam Penyusunan Materi dan Proses Pembelajaran PAI

4
(278 votes)

Pendahuluan: Landasan psikologis berperan penting dalam penyusunan materi dan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Hal ini mempengaruhi muatan materi yang disesuaikan dengan fase perkembangan anak serta metode yang digunakan dalam menginternalisasi materi PAI kepada peserta didik. Bagian: ① Muatan Materi PAI: Materi PAI disusun berjenjang, namun tekanan capaian materinya berbeda di setiap tingkatan. Misalnya, materi tentang iman kepada qada dan qadar diajarkan dengan tingkat kesulitan yang berbeda di SD dan SMP. ② Proses Pembelajaran PAI: Landasan psikologis juga berpengaruh terhadap metode yang digunakan dalam menginternalisasi materi PAI kepada peserta didik. Ini mencakup manajemen ruang kelas, metodologi pengajaran, motivasi peserta didik, penanganan terhadap peserta didik yang luar biasa, dan pengukuran kerja akademik serta umpan balik. ③ Evaluasi Pembelajaran: Landasan psikologis dapat diimplementasikan dalam evaluasi pembelajaran. Pencapaian prestasi dapat dibagi menjadi tiga ranah, yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Oleh karena itu, teknik evaluasi yang digunakan harus sesuai dengan ranah tersebut. Kesimpulan: Pentingnya landasan psikologis dalam penyusunan materi dan proses pembelajaran PAI tidak dapat diabaikan. Hal ini memastikan bahwa materi disesuaikan dengan fase perkembangan anak dan metode pengajaran yang efektif digunakan. Selain itu, evaluasi pembelajaran juga harus mencakup semua aspek pencapaian prestasi peserta didik.