**\x0a - **Membuat Sprite Bola yang Bergerak dan Memantul:**\x0a \x0a2. **Isi Makalah:**\x0a\x0a *
Membuat Sprite Bola yang Bergerak dan Memantul* <br/ > <br/ > Dalam dunia permainan, sprite bola yang bergerak secara terus menerus dan memantul saat menyentuh pembatas adalah elemen kunci. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi cara membuat sprite bola yang menarik dengan menggunakan bahasa pemrograman Python dan modul Pygame. <br/ > <br/ >### Langkah 1: Membuat Lingkungan Permainan <br/ >Pertama-tama, kita perlu membuat lingkungan permainan di mana sprite bola dapat bergerak. Dengan menggunakan Pygame, kita dapat dengan mudah membuat layar permainan dengan ukuran tertentu. <br/ > <br/ >```python <br/ >import pygame <br/ >import random <br/ > <br/ ># Inisialisasi Pygame <br/ >pygame.init() <br/ > <br/ ># Set ukuran layar <br/ >layar_width = 800 <br/ >layar_height = 600 <br/ > <br/ ># Buat layar permainan <br/ >layar = pygame.display.set_mode((layar_width, layar_height)) <br/ >pygame.display.set_caption("Bola yang Bergerak dan Memantul") <br/ >``` <br/ > <br/ >### Langkah 2: Membuat Sprite Bola <br/ >Selanjutnya, kita akan membuat sprite bola itu sendiri. Kita akan menggunakan sebuah kelas untuk mendefinisikan sifat-sifat bola. <br/ > <br/ >```python <br/ >class Bola: <br/ > def __init__(self): <br/ > self.x = random.randint(0, layar_width) <br/ > self.y = random.randint(0, layar_height) <br/ > self.speed_x = random.choice([-2, 2]) <br/ > self.speed_y = random.choice([-2, 2]) <br/ > self.diameter = 20 <br/ > <br/ > def gerak(self): <br/ > self.x += self.speed_x <br/ > self.y += self.speed_y <br/ > <br/ > def cek_pantulan(self): <br/ > if self.x - (self.diameter / 2) < 0 or \ <br/ > self.x + (self.diameter / 2) > layar_width: <br/ > # Pantulan terhadap sumbu X <br/ > self.speed_x *= -1 <br/ > <br/ > if self.y - (self.diameter / 2) < 0 or \ <br/ > self.y + (self.diameter / 2) > layar_height: <br/ > # Pantulan terhadap sumbu Y <br/ > self.speed_y *= -1