Dampak Keterbatasan Interaksi Sosial Terhadap Fokus Belajar Mahasiswa Selama Pandemi
Selama pandemi, banyak mahasiswa mengalami keterbatasan interaksi sosial yang dapat berdampak pada fokus belajar mereka. Pesan dari percakapan di atas menunjukkan bagaimana keterbatasan interaksi sosial dapat memengaruhi kesejahteraan emosional dan fokus belajar seorang mahasiswa. Nuny Rizqi Amalia, dalam percakapannya dengan Kak Dryo, mengungkapkan bahwa keterbatasan interaksi sosial membuatnya sulit untuk fokus pada kegiatan kuliah dan bahkan mengalami stres yang mengganggu konsentrasinya. Penelitian telah menunjukkan bahwa interaksi sosial yang terbatas dapat menyebabkan penurunan kesejahteraan emosional dan kualitas belajar. Hal ini dapat mempengaruhi motivasi dan keterlibatan mahasiswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk memahami dampak dari keterbatasan interaksi sosial terhadap mahasiswa dan mencari solusi untuk meningkatkan kesejahteraan emosional serta fokus belajar mereka. Dengan memperhatikan hal tersebut, perlu adanya upaya untuk memberikan dukungan emosional dan sosial kepada mahasiswa agar dapat mengatasi dampak negatif dari keterbatasan interaksi sosial. Selain itu, institusi pendidikan juga perlu mempertimbangkan strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan keterlibatan mahasiswa secara virtual dan memfasilitasi interaksi sosial yang positif di lingkungan akademik. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang dampak keterbatasan interaksi sosial terhadap fokus belajar mahasiswa, diharapkan dapat ditemukan solusi yang efektif untuk meningkatkan kesejahteraan emosional dan kualitas pembelajaran mahasiswa selama pandemi.