Meningkatkan Keterampilan Bercerita Melalui Metode Sosiodrama pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Bungi

3
(263 votes)

Pendahuluan: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri 2 Bungi dengan menggunakan metode sosiodrama. Penelitian dilakukan pada bulan Juli-Agustus 2019 dan melibatkan 20 siswa kelas V, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bercerita pada siswa setelah menggunakan metode sosiodrama. Bagian: ① Latar Belakang: Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi masalah kurangnya keterampilan bercerita pada siswa kelas V SD Negeri 2 Bungi. ② Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode sosiodrama sebagai pendekatan untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa. ③ Temuan Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan bercerita pada siswa setelah mengikuti metode sosiodrama. Kesimpulan: Metode sosiodrama efektif dalam meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri 2 Bungi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam bercerita.