Penerapan Teori Interaksi Simbolik dalam Menganalisis Fenomena Kenakalan Remaj
<br/ >Teori interaksi simbolik menurut Chales Horton Cooley memandang kehidupan manusia secara sosial ditentukan oleh bahasa, pendidikan, dan interaksi. Setiap individu dipandang sebagai kesatuan organisme yang tak terpisahkan dari masyarakat, di mana relasi yang terbentuk merupakan tanggapan dari sikap atau tindakan masing-masing individu. Cooley juga mengembangkan teori mengenai diri (self), di mana diri seseorang merupakan produk dari interaksi dengan orang lain. <br/ > <br/ >Tahap-tahap pemantulan diri menunjukkan bahwa setiap individu tidak bisa terlepas dari pandangan orang lain. Jika pandangan orang lain baik terhadap diri kita, maka diri kita akan berkembang dengan baik pula, begitupun sebaliknya. Dalam konteks ini, fenomena kenakalan remaja dapat dianalisis dengan menggunakan teori interaksi simbolik. Pertanyaan-pertanyaan seperti bagaimana teori ini diterapkan dalam fenomena kenakalan remaja, pentingnya makna dalam perilaku manusia, hubungan antara individu dan masyarakat, serta cara menyadarkan seseorang tentang pentingnya konsep diri menjadi fokus utama dalam analisis ini. <br/ > <br/ >Dengan demikian, artikel ini akan membahas penerapan teori interaksi simbolik dalam menganalisis fenomena kenakalan remaja, menjelaskan pentingnya makna dalam perilaku manusia, mengeksplorasi hubungan antara individu dan masyarakat, serta menyadarkan seseorang tentang pentingnya konsep diri.