Dampak Pendudukan Jepang terhadap Sistem Pendidikan di Indonesi

4
(309 votes)

Pada masa pendudukan Jepang di Indonesia, sistem pendidikan mengalami perubahan signifikan. Jepang menyederhanakan sistem sekolah yang sebelumnya rumit dan didasarkan pada ras, dengan tujuan menciptakan kesetaraan dalam pendidikan. Namun, dampak pendudukan Jepang terhadap pendidikan di Indonesia tidak selalu positif. Pada awal pendudukan Jepang, kondisi pendidikan di Indonesia memburuk dibandingkan dengan masa pemerintahan Hindia Belanda. Jumlah sekolah menurun drastis dan kegiatan pendidikan di perguruan tinggi sempat terhenti. Baru pada tahun 1943, kegiatan pendidikan di perguruan tinggi dibuka kembali, seperti perguruan tinggi kedokteran (Ika Daigaku) dan perguruan tinggi teknik (Kogyo Daigaku) yang berada di Bandung. Namun, pendidikan pada masa pendudukan Jepang lebih ditujukan untuk kepentingan perang. Salah satu aspek yang mempengaruhi pendidikan di Indonesia pada masa pendudukan Jepang adalah indoktrinasi ideologi Jepang. Para pelajar diberikan slogan "hakko ichiu", yang berasal dari agama Shinto dan berarti "delapan benang di bawah satu atap". Slogan ini menggambarkan semangat persaudaraan universal yang digunakan Jepang untuk menciptakan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya dalam Perang Dunia II. Namun, slogan ini juga digunakan sebagai pembenaran agresi Jepang ke luar negeri selama perang. Untuk menyebarkan ideologi Jepang kepada pelajar, Jepang mengindoktrinasi para calon guru dengan doktrin hakko ichiu tersebut. Pelatihan ini melibatkan peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Krisis dalam bidang pendidikan semakin diperparah oleh kenyataan bahwa banyak guru dipekerjakan sebagai pejabat pada pemerintahan Jepang. Secara keseluruhan, pendudukan Jepang memiliki dampak yang kompleks terhadap sistem pendidikan di Indonesia. Meskipun ada upaya untuk menyederhanakan sistem sekolah dan menciptakan kesetaraan, pendidikan lebih ditujukan untuk kepentingan perang dan indoktrinasi ideologi Jepang. Hal ini menyebabkan kondisi pendidikan di Indonesia pada masa itu tidak optimal.