Mengatasi Kesulitan dengan Sikap Positif: Kisah Sukses Seorang Siswa
Orientasi: Suatu hari, di sebuah kelas di sekolah menengah, terdapat seorang siswa yang menghadapi kesulitan dalam pelajaranika. Siswa ini, yang bernama Budi, merasa kesulitan dalam memahami konsep-konsep matematika yang diajarkan oleh guru. Budi merasa tertinggal dibandingkan teman-temannya dan merasa cemas ketika harus menghadapi ujian. Krisis: Kesulitan Budi dalam pelajaran matematika semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Dia merasa tidak mampu mengikuti kecepatan pembelajaran dan sering kali merasa putus asa. Budi mulai meragukan kemampuannya dan merasa bahwa dia tidak akan pernah mampu mengatasi kesulitan ini. Dia merasa tertekan oleh tekanan teman-temannya dan merasa bahwa dia harus menunjukkan kemamp baik di kelas. Reaksi: Suatu hari, seorang teman sekelas, yang juga menghadapi kesulitan dalam pelajaran matematika, mendekati Budi. Temannya memberikan semangat kepada Budi dan mengingatkannya bahwa kesulitan adalah bagian dari proses belajar. Temannya menyarankan Budi untuk mencari bantuan tambahan dari guru dan mengikuti kelas tambahan jika diperlukan. Budi terinspirasi oleh semangat dan dukungan temannya. Koda: Budi memutuskan untuk mengambil saran temannya dan mencari bantuan tambahan dari guru. Dia mengikuti kelas tambahan dan meminta bantuan teman-temannya dalam belajar. Dengan dukungan dan bantuan ini, Budi mulai memahami konsep-konsep matematika yang sebelumnya sulit dipelajari. Dia merasa semakin percaya diri dan menghargai kemampuannya. Budi menyadari bahwa kesulitan bukanlah akhir, tetapi kesempatan untuk belajar dan berkembang. Dengan sikap positif dan dukungan dari teman-temannya, Budi berhasil mengatasi kesulitan dan meraiuksesan dalam pelajaran matematika.