Pandangan Guru TK terhadap konsep kesetaraan gender dan inklusi sosial: Perspektif Feminisme Poststrukturalis
<br/ >Pendahuluan: <br/ >Pendidikan adalah lapangan yang sangat penting untuk membentuk masa depan kita, dan guru TK memainkan peran penting dalam membentuk sikap dan keyakinan anak-anak mereka. Dalam era globalisasi dan digitalisasi saat ini, konsep kesetaraan gender dan inklusi sosial menjadi lebih penting dari sebelumnya. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi pandangan guru TK terhadap konsep ini, dengan menggunakan perspektif feminisme poststrukturalis. <br/ >Metode: <br/ >Untuk melakukan penelitian ini, kami menggunakan metode kualitatif dengan memilih 20 guru TK dari berbagai sekolah di kota-kota besar di Indonesia. Kami melakukan wawancara mendalam dengan guru-guru ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pandangan mereka terhadap konsep kesetaraan gender dan inklusi sosial. Kami juga mengumpulkan data dari observasi di kelas dan analisis teks dari kurikulum dan bahan pembelajaran. <br/ >Hasil: <br/ >Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa guru TK mengakui pentingnya konsep kesetaraan gender dan inklusi sosial, tetapi mereka menghadapi beberapa tantangan dalam mengintegrasikannya ke dalam praktik pengajaran mereka. Guru-guru ini mengungkapkan kekhawatiran tentang kurangnya dukungan dan sumber daya, serta kurangnya pemahaman dari orang tua dan komunitas tentang pentingnya konsep ini. Mereka juga mengungkapkan kebutuhan akan pelatihan dan pendidikan lanjutan tentang bagaimana mengimplementasikan konsep ini ke dalam praktik pengajaran mereka. <br/ >Diskusi: <br/ >Penelitian kami menyoroti kebutuhan untuk mendukung guru TK dalam mengintegrasikan konsep kesetaraan gender dan inklusi sosial ke dalam praktik pengajaran mereka. Ini termasuk memberikan pelatihan dan pendidikan lanjutan, serta memberikan sumber daya dan dukungan yang diperlukan untuk membantu mereka mengimplementasikan konsep ini. Ini juga termasuk mempromosikan budaya inklusif dan mengatasi bias gender dalam kurikulum dan bahan pembelajaran. <br/ >Kesimpulan: <br/ >Penelitian kami menyoroti kebutuhan untuk mendukung guru TK dalam mengintegrasikan konsep kesetaraan gender dan inklusi sosial ke dalam praktik pengajaran mereka. Dengan memberikan dukungan dan sumber daya yang diperlukan, kita dapat membantu mereka mengimplementasikan konsep ini dan membentuk generasi masa depan yang lebih inklusif dan adil.