Analisis Model Pelaksanaan Pembelajaran oleh Pak Dani di SD Lintang

4
(240 votes)

Pada artikel ini, kita akan menganalisis model pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Dani di SD Lintang. Pak Dani bertugas mengajar di Kelas V dan VI dengan jumlah siswa masing-masing 10 dan 16. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Dani meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan dilakukan oleh Pak Dani di masing-masing ruang kelas selama 10 menit secara bergantian. Pak Dani memberikan pengantar dan pengarahan umum di kelas V terlebih dahulu, kemudian beralih ke kelas VI. Hal ini merupakan langkah yang tepat karena memberikan kesempatan bagi Pak Dani untuk memberikan pengarahan yang spesifik sesuai dengan materi yang akan diajarkan di setiap kelas. Kegiatan inti dimulai dengan Pak Dani menjelaskan materi faktor-faktor penyebab penjajahan di Indonesia di kelas V. Sementara itu, kelas VI masih menunggu Pak Dani. Beberapa siswa kelas V mengajukan pertanyaan dan Pak Dani memberikan tugas kepada mereka. Waktu yang dihabiskan oleh Pak Dani di kelas V adalah 20 menit. Setelah itu, Pak Dani beralih ke ruang kelas VI untuk membelajarkan mengenai makna proklamasi kemerdekaan selama 20 menit. Model pelaksanaan pembelajaran ini efektif karena memungkinkan Pak Dani untuk memberikan penjelasan yang lebih mendalam dan memberikan tugas kepada siswa. Kegiatan penutup dilakukan oleh Pak Dani di kelas V selama 10 menit. Pak Dani melakukan review materi yang telah diajarkan dan menutup kegiatan pembelajaran. Selanjutnya, Pak Dani menutup pembelajaran di kelas VI selama 10 menit. Model pelaksanaan pembelajaran ini memberikan kesempatan bagi Pak Dani untuk mengulang materi yang telah diajarkan dan memberikan kesimpulan yang jelas kepada siswa. Namun, terdapat beberapa kelemahan dalam model pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Dani. Pertama, waktu yang dihabiskan di kelas V dan VI tidak seimbang. Pak Dani menghabiskan waktu 20 menit di kelas V dan hanya 10 menit di kelas VI. Hal ini dapat mengakibatkan ketidakseimbangan dalam pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Kedua, kegiatan pendahuluan hanya dilakukan selama 10 menit. Waktu yang terbatas ini mungkin tidak cukup bagi Pak Dani untuk memberikan pengarahan yang mendalam kepada siswa. Dalam kesimpulannya, model pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh Pak Dani di SD Lintang memiliki kelebihan dan kelemahan. Meskipun terdapat kelemahan dalam alokasi waktu dan kegiatan pendahuluan, model ini tetap efektif dalam memberikan penjelasan yang mendalam dan memberikan tugas kepada siswa. Dalam meningkatkan model pelaksanaan pembelajaran, disarankan agar Pak Dani mengatur ulang alokasi waktu dan memberikan pengarahan yang lebih mendalam pada kegiatan pendahuluan.