The Importance of Science Literacy in Early Childhood Education

4
(277 votes)

Pendidikan pada usia dini memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan kemampuan berpikir ilmiah. Dalam pendekatan yang berpusat pada siswa, pendidikan pada usia dini menjadi tujuan pembelajaran yang kritis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membahas pentingnya literasi sains pada usia dini. Melalui berbagai proses investigasi, metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Metode wawancara dilakukan kepada lima guru pendidikan anak usia dini. Teknik analisis data menggunakan analisis Heurmeutical dan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan pada usia dini dalam penerapan literasi sains sebagai program pengembangan pembelajaran di kelas membutuhkan tiga aspek yang perlu dipertimbangkan, yaitu sikap, keterampilan, dan kompetensi diri dalam kemampuan kognitif anak, serta partisipasi dalam strategi pembelajaran yang dirancang oleh guru. Sementara itu, kebutuhan pembelajaran di kelas sangat penting dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dan kualitas pengajaran. Secara jangka panjang, penelitian ini memiliki implikasi dalam bidang pendidikan, yaitu pengembangan kompetensi guru dalam mengelola literasi sains pada usia dini. Strategi inovatif menjadi hal yang penting bagi guru untuk menguasai dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, karena hal ini akan sangat dibutuhkan dalam mendorong kemandirian anak-anak di masa depan.