Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa dengan Media Blok Pecahan **
Media pembelajaran yang tepat dapat menjadi kunci keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Salah satu contohnya adalah penggunaan media blok pecahan dalam pembelajaran penjumlahan dan pengurangan pecahan bagi siswa kelas IV. Penelitian yang dilakukan di UPT SDN 18 Turatea menunjukkan hasil yang positif terkait pengaruh media blok pecahan terhadap kemampuan berhitung siswa. Hasil analisis statistik inferensial menggunakan Paired sample t-test menunjukkan perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa. Hal ini mengindikasikan bahwa media blok pecahan memberikan dampak positif pada kemampuan berhitung siswa. Nilai signifikan (sig) sebesar 0,001, yang lebih kecil dari 0,05, mendukung hipotesis alternatif yang menyatakan adanya perbedaan signifikan antara hasil pretest dan posttest. Nilai t-hitung sebesar 39,856, jauh lebih besar daripada nilai t-tabel (2,101), semakin memperkuat kesimpulan bahwa media blok pecahan secara signifikan meningkatkan kemampuan berhitung siswa. Kesimpulan: Penelitian ini membuktikan bahwa media blok pecahan dapat menjadi alat bantu yang efektif dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penggunaan media ini memberikan pengalaman belajar yang lebih konkret dan interaktif, sehingga membantu siswa memahami konsep pecahan dengan lebih mudah. Saran:** Penelitian ini dapat menjadi inspirasi bagi guru untuk lebih kreatif dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan materi pelajaran. Penggunaan media blok pecahan dapat dipertimbangkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan berhitung siswa, khususnya dalam materi pecahan.