Strategi Ice Breaking Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika

4
(189 votes)

Matematika seringkali dianggap sebagai mata pelajaran yang menakutkan dan membosankan bagi banyak siswa. Kurangnya motivasi belajar matematika dapat berdampak negatif pada pemahaman konsep dan hasil belajar. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu menerapkan strategi ice breaking yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika di kelas.

Ice breaking merupakan kegiatan yang dirancang untuk mencairkan suasana dan membangun kedekatan antar siswa di awal pembelajaran. Selain itu, ice breaking juga dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan siap menerima materi pelajaran. Artikel ini akan membahas beberapa strategi ice breaking yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika.

Membangun Kedekatan dan Rasa Nyaman

Salah satu strategi ice breaking yang efektif adalah dengan membangun kedekatan dan rasa nyaman di antara siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti permainan ice breaking yang melibatkan interaksi antar siswa. Misalnya, guru dapat meminta siswa untuk berpasangan dan saling bercerita tentang pengalaman mereka dalam belajar matematika.

Selain itu, guru juga dapat menggunakan permainan yang melibatkan gerakan fisik, seperti "Human Knot" atau "Two Truths and a Lie". Permainan ini dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan terlibat dalam pembelajaran, serta membangun rasa percaya diri dan kerja sama tim.

Mengaitkan Matematika dengan Kehidupan Sehari-hari

Strategi ice breaking yang efektif lainnya adalah dengan mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat membantu siswa untuk memahami bahwa matematika bukanlah mata pelajaran yang abstrak dan tidak relevan dengan kehidupan mereka.

Guru dapat memulai pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan pengalaman siswa dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, guru dapat bertanya kepada siswa tentang bagaimana mereka menggunakan matematika dalam berbelanja, memasak, atau bermain game.

Selain itu, guru juga dapat menggunakan contoh-contoh nyata dari kehidupan sehari-hari untuk menjelaskan konsep matematika. Misalnya, guru dapat menggunakan contoh tentang kecepatan mobil untuk menjelaskan konsep kecepatan dalam matematika.

Menciptakan Tantangan dan Rasa Penasaran

Strategi ice breaking yang efektif juga dapat menciptakan tantangan dan rasa penasaran di antara siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan teka-teki atau permainan yang menantang siswa untuk berpikir kritis dan memecahkan masalah.

Misalnya, guru dapat memberikan teka-teki matematika yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari. Guru juga dapat menggunakan permainan "Math Bingo" atau "Math Jeopardy" untuk meningkatkan motivasi belajar matematika.

Tantangan dan rasa penasaran yang diciptakan oleh ice breaking dapat membantu siswa untuk lebih fokus dan termotivasi dalam belajar matematika.

Memberikan Apresiasi dan Pengakuan

Strategi ice breaking yang efektif juga dapat memberikan apresiasi dan pengakuan kepada siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pujian dan penghargaan kepada siswa yang berhasil menyelesaikan tugas atau menjawab pertanyaan dengan benar.

Guru juga dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam matematika, seperti dengan meminta mereka untuk mempresentasikan hasil kerja mereka di depan kelas.

Apresiasi dan pengakuan yang diberikan kepada siswa dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi belajar mereka.

Kesimpulan

Strategi ice breaking yang efektif dapat membantu meningkatkan motivasi belajar matematika di kelas. Dengan membangun kedekatan dan rasa nyaman, mengaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari, menciptakan tantangan dan rasa penasaran, serta memberikan apresiasi dan pengakuan, guru dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memotivasi siswa untuk belajar matematika.