Pemanfaatan Model ASSURE dalam Pembelajaran Fisika oleh Bapak Warjono
Bapak Warjono, seorang guru mata pelajaran Fisika, telah menunjukkan kreativitas dalam memanfaatkan media pembelajaran dengan menggunakan model ASSURE. Model ini membantu beliau dalam merencanakan dan mengimplementasikan media pembelajaran yang efektif. Dalam pendekatan ini, Bapak Warjono memperhatikan kemampuan awal siswa dan gaya belajarnya. Setiap siswa memiliki kecenderungan gaya belajar yang berbeda-beda, sehingga penting bagi guru untuk memahami dan menyesuaikan pendekatan pembelajaran mereka. Selain itu, Bapak Warjono juga memperhatikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai. Dengan mempertimbangkan tujuan ini, beliau dapat menentukan jenis media yang paling sesuai dengan capaian pembelajaran pada mata pelajaran Fisika. Dengan demikian, model ASSURE membantu Bapak Warjono dalam merancang pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran. Dalam konteks ini, indikator dari model ASSURE yang telah diterapkan oleh Bapak Warjono adalah perhatian terhadap kemampuan awal siswa dan gaya belajarnya. Dengan memahami kecenderungan gaya belajar siswa, Bapak Warjono dapat menyesuaikan media pembelajaran yang digunakan agar lebih efektif. Selain itu, dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, beliau dapat memilih media yang paling sesuai untuk mencapai kompetensi yang diinginkan. Pemanfaatan model ASSURE oleh Bapak Warjono dalam pembelajaran Fisika menunjukkan komitmen beliau dalam memberikan pengalaman belajar yang optimal bagi siswa. Dengan memperhatikan kebutuhan siswa dan tujuan pembelajaran, Bapak Warjono dapat menciptakan lingkungan belajar yang mendukung perkembangan siswa secara holistik. Melalui pend ini, siswa diharapkan dapat mencapai kompetensi yang diinginkan dan mengembangkan kemampuan mereka secara efektif.