Ekspektasi Siswa terhadap Guru: Sebuah Tinjauan Kritis

4
(266 votes)

Ekspektasi siswa terhadap guru adalah topik yang penting dan kompleks. Ekspektasi ini dapat mempengaruhi berbagai aspek pengalaman belajar siswa, termasuk motivasi belajar, persepsi tentang kualitas pengajaran, dan interaksi dengan guru. Namun, ekspektasi siswa juga dapat menimbulkan tantangan bagi guru, terutama jika ekspektasi tersebut tidak realistis atau tidak sesuai dengan kemampuan dan sumber daya guru. <br/ > <br/ >#### Apa yang dimaksud dengan ekspektasi siswa terhadap guru? <br/ >Ekspektasi siswa terhadap guru merujuk pada harapan dan standar yang ditetapkan oleh siswa terhadap perilaku dan kinerja guru mereka. Ekspektasi ini dapat mencakup berbagai aspek, seperti metode pengajaran, sikap, pengetahuan, dan keterampilan guru. Ekspektasi ini seringkali dipengaruhi oleh pengalaman belajar sebelumnya, nilai-nilai pribadi siswa, dan norma-norma sosial yang berlaku. <br/ > <br/ >#### Mengapa ekspektasi siswa terhadap guru penting? <br/ >Ekspektasi siswa terhadap guru sangat penting karena dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa dan hasil akademik mereka. Jika guru dapat memenuhi atau melampaui ekspektasi siswa, siswa cenderung merasa lebih puas dan termotivasi untuk belajar. Sebaliknya, jika ekspektasi siswa tidak terpenuhi, ini dapat menurunkan motivasi belajar dan prestasi akademik siswa. <br/ > <br/ >#### Bagaimana ekspektasi siswa terhadap guru dapat mempengaruhi kinerja siswa? <br/ >Ekspektasi siswa terhadap guru dapat mempengaruhi kinerja siswa dalam berbagai cara. Pertama, jika guru dapat memenuhi ekspektasi siswa, ini dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan motivasi belajar mereka. Kedua, ekspektasi siswa dapat mempengaruhi persepsi mereka tentang kualitas pengajaran dan penilaian mereka tentang kinerja guru. Akhirnya, ekspektasi siswa dapat mempengaruhi interaksi mereka dengan guru, yang dapat mempengaruhi kinerja akademik mereka. <br/ > <br/ >#### Apa dampak negatif dari ekspektasi siswa yang tidak realistis terhadap guru? <br/ >Ekspektasi siswa yang tidak realistis terhadap guru dapat memiliki dampak negatif bagi kedua belah pihak. Bagi siswa, ekspektasi yang tidak realistis dapat menyebabkan kekecewaan dan frustrasi jika ekspektasi tersebut tidak terpenuhi. Bagi guru, ekspektasi yang tidak realistis dapat menimbulkan tekanan dan stres, yang dapat mempengaruhi kinerja dan kesejahteraan mereka. <br/ > <br/ >#### Bagaimana guru dapat mengelola ekspektasi siswa? <br/ >Guru dapat mengelola ekspektasi siswa dengan berbagai cara. Pertama, guru dapat berkomunikasi secara terbuka dan jujur tentang apa yang dapat dan tidak dapat mereka lakukan. Kedua, guru dapat menetapkan batas-batas yang jelas dan realistis tentang apa yang diharapkan dari mereka. Ketiga, guru dapat berusaha untuk memahami dan memenuhi ekspektasi siswa sejauh mungkin, sambil tetap menjaga standar profesional dan etika mereka. <br/ > <br/ >Secara keseluruhan, ekspektasi siswa terhadap guru adalah aspek penting dari proses belajar mengajar. Untuk memaksimalkan manfaat dari ekspektasi ini, penting bagi guru untuk memahami, mengelola, dan memenuhi ekspektasi siswa sejauh mungkin. Namun, juga penting bagi siswa untuk memiliki ekspektasi yang realistis dan memahami bahwa guru adalah manusia yang memiliki keterbatasan dan tantangan mereka sendiri. Dengan pendekatan yang seimbang dan saling menghargai, ekspektasi siswa terhadap guru dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan.