Kliping Jilid: Sebuah Metode Pembelajaran yang Efektif

4
(327 votes)

Kliping jilid merupakan sebuah metode pembelajaran yang telah lama diterapkan di berbagai jenjang pendidikan. Metode ini melibatkan proses pengumpulan, pengelompokan, dan penyusunan informasi dari berbagai sumber, seperti buku, majalah, koran, dan internet. Informasi yang dikumpulkan kemudian ditempelkan pada kertas karton atau kertas manila, dan dijilid menjadi sebuah buku. Buku kliping ini kemudian dapat digunakan sebagai bahan belajar, referensi, atau bahkan sebagai bahan presentasi.

Manfaat Kliping Jilid dalam Pembelajaran

Kliping jilid memiliki berbagai manfaat dalam proses pembelajaran. Pertama, metode ini mendorong siswa untuk aktif mencari informasi. Siswa tidak hanya menerima informasi dari guru, tetapi juga harus mencari informasi dari berbagai sumber. Hal ini membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Kedua, kliping jilid membantu siswa memahami konsep dengan lebih baik. Dengan mengumpulkan informasi dari berbagai sumber, siswa dapat melihat berbagai perspektif dan memahami konsep secara lebih komprehensif. Ketiga, kliping jilid membantu siswa mengembangkan kemampuan menulis dan menyusun informasi. Siswa harus memilih informasi yang relevan, meringkasnya, dan menyusunnya secara sistematis dalam buku kliping.

Langkah-langkah Membuat Kliping Jilid

Membuat kliping jilid tidaklah sulit. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat diikuti:

1. Tentukan topik. Langkah pertama adalah menentukan topik yang ingin dipelajari. Topik ini dapat berasal dari materi pelajaran, minat pribadi, atau isu terkini.

2. Kumpulkan informasi. Setelah menentukan topik, langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi dari berbagai sumber. Gunakan buku, majalah, koran, internet, atau sumber lainnya untuk mendapatkan informasi yang relevan.

3. Pilih informasi yang relevan. Setelah mengumpulkan informasi, langkah selanjutnya adalah memilih informasi yang relevan dengan topik yang telah ditentukan. Buang informasi yang tidak relevan atau tidak mendukung topik.

4. Rangkuman informasi. Setelah memilih informasi yang relevan, langkah selanjutnya adalah meringkas informasi tersebut. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan hindari penggunaan bahasa yang terlalu teknis.

5. Susun informasi. Setelah meringkas informasi, langkah selanjutnya adalah menyusun informasi tersebut secara sistematis. Gunakan tabel, diagram, atau gambar untuk memperjelas informasi.

6. Jilid kliping. Langkah terakhir adalah menjilid kliping. Gunakan kertas karton atau kertas manila untuk menempelkan informasi yang telah disusun. Jilid kliping dengan rapi dan estetis.

Kliping Jilid dalam Era Digital

Di era digital, kliping jilid masih relevan dan bahkan dapat diadaptasi dengan teknologi. Siswa dapat menggunakan aplikasi digital untuk mengumpulkan informasi, meringkasnya, dan menyusunnya secara digital. Aplikasi digital juga memungkinkan siswa untuk berbagi kliping dengan teman sekelas atau guru.

Kesimpulan

Kliping jilid merupakan metode pembelajaran yang efektif dan bermanfaat. Metode ini mendorong siswa untuk aktif mencari informasi, memahami konsep dengan lebih baik, dan mengembangkan kemampuan menulis dan menyusun informasi. Meskipun di era digital, kliping jilid masih relevan dan dapat diadaptasi dengan teknologi.