Analisis Perbedaan Skor Matematika antara Program Pendidikan Umum, Akademik, dan Vokasional

4
(326 votes)

Dalam penelitian ini, kami menganalisis perbedaan skor matematika antara tiga program pendidikan yang berbeda, yaitu program pendidikan umum, akademik, dan vokasional. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah skor matematika siswa dari masing-masing program pendidikan. Hasil analisis menunjukkan bahwa rata-rata skor matematika siswa pada program pendidikan umum adalah 50.0222, dengan standar deviasi sebesar 7.44217 dan standar error sebesar 1.10941. Interval kepercayaan 95% untuk mean skor matematika pada program pendidikan umum adalah antara 47.7863 dan 52.2581. Sementara itu, rata-rata skor matematika siswa pada program pendidikan akademik adalah 56.7333, dengan standar deviasi sebesar 8.73022 dan standar error sebesar 0.85198. Interval kepercayaan 95% untuk mean skor matematika pada program pendidikan akademik adalah antara 55.0438 dan 58.4228. Di sisi lain, rata-rata skor matematika siswa pada program pendidikan vokasional adalah 46.42, dengan standar deviasi sebesar 7.35416 dan standar error sebesar 1.12489. Interval kepercayaan 95% untuk mean skor matematika pada program pendidikan vokasional adalah antara 44.1594 dan 48.6806. Analisis ANOVA menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara skor matematika siswa dari ketiga program pendidikan (F = 29.279, p < 0.001). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam kemampuan matematika siswa antara program pendidikan umum, akademik, dan vokasional. Dalam kesimpulan, hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam skor matematika siswa antara program pendidikan umum, akademik, dan vokasional. Program pendidikan akademik memiliki rata-rata skor matematika yang lebih tinggi dibandingkan dengan program pendidikan umum dan vokasional. Sementara itu, program pendidikan vokasional memiliki rata-rata skor matematika yang lebih rendah dibandingkan dengan program pendidikan umum dan akademik. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang perbedaan dalam kemampuan matematika siswa dari berbagai program pendidikan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan program pendidikan dan pengajaran matematika di sekolah-sekolah.