Mengatasi Tantangan dalam Praktek Pembelajaran Terbimbing Siklus 2 saat Mengajar Materi Sistem Pernapasan dengan Pembahasan Bahaya Merokok

4
(241 votes)

Praktek Pembelajaran Terbimbing (PPT) Siklus 2 adalah salah satu tahap penting dalam proses pembelajaran. Pada tahap ini, guru bertanggung jawab untuk mengajar materi sistem pernapasan kepada siswa. Namun, dalam mengajar materi ini, guru sering menghadapi berbagai tantangan dan hambatan yang perlu diatasi agar pembelajaran berjalan dengan lancar. Salah satu tantangan yang sering dihadapi adalah pembahasan bahaya merokok. Bahaya merokok adalah topik yang penting untuk dibahas dalam pembelajaran sistem pernapasan. Namun, mengajarkan bahaya merokok kepada siswa dapat menjadi tantangan tersendiri. Beberapa siswa mungkin tidak menyadari bahaya merokok atau bahkan mungkin merokok sendiri. Oleh karena itu, guru perlu mencari solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan ini. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah dengan menggunakan pendekatan yang interaktif dan menarik. Guru dapat menggunakan metode diskusi kelompok atau permainan peran untuk melibatkan siswa dalam pembahasan bahaya merokok. Dengan melibatkan siswa secara aktif, mereka akan lebih terlibat dalam pembelajaran dan lebih mudah memahami bahaya merokok. Selain itu, guru juga perlu memberikan informasi yang akurat dan faktual tentang bahaya merokok. Guru harus memastikan bahwa informasi yang disampaikan dapat dipercaya dan didukung oleh bukti ilmiah. Dengan memberikan informasi yang akurat, siswa akan lebih mampu memahami dan menginternalisasi bahaya merokok. Selain itu, guru juga perlu menciptakan lingkungan yang mendukung dalam pembelajaran. Guru harus menciptakan suasana yang nyaman dan terbuka, di mana siswa merasa aman untuk berbagi pendapat dan bertanya tentang bahaya merokok. Dengan menciptakan lingkungan yang mendukung, siswa akan lebih terbuka untuk menerima informasi dan memahami bahaya merokok. Dalam mengatasi tantangan dalam praktek pembelajaran terbimbing siklus 2 saat mengajar materi sistem pernapasan dengan pembahasan bahaya merokok, guru perlu mengadopsi pendekatan yang interaktif, memberikan informasi yang akurat, dan menciptakan lingkungan yang mendukung. Dengan mengatasi tantangan ini, guru dapat memastikan bahwa pembelajaran sistem pernapasan berjalan dengan lancar dan siswa dapat memahami bahaya merokok dengan baik.