Permasalahan Permintaan dan Penawaran dalam Pasar Persaingan Sempurn

4
(231 votes)

Dalam pasar persaingan sempurna, semua perusahaan menghadapi harga yang sama atas produk yang mereka jual. Namun, produk dari satu perusahaan relatif kecil dibandingkan dengan produk pasar secara keseluruhan, sehingga perusahaan tidak dapat mempengaruhi harga pasar. Permintaan dalam pasar persaingan sempurna biasanya berbentuk garis horizontal atau elastis sempurna. Pada Gambar 6.1, dapat diamati bahwa kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan dalam pasar persaingan sempurna cenderung datar. Dalam pasar, permintaan dan penawaran atas suatu barang tertentu digambarkan oleh kurva D dan kurva S. Keseimbangan pasar tercapai pada titik E, di mana harga adalah P dan jumlah yang diperdagangkan adalah Q. Jika suatu perusahaan ingin meningkatkan penjualan, perusahaan tersebut harus menurunkan harga hingga titik P', sehingga permintaan akan meningkat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam pasar persaingan sempurna, harga adalah sama pada setiap tingkat produksi. Oleh karena itu, kurva permintaan akan sama dengan kurva pendapatan rata-rata (AR) dan kurva pendapatan marjinal (MR), sehingga dalam gambar ditulis D = AR = MR. Dalam pasar persaingan sempurna, perusahaan menghadapi kesulitan dalam mempengaruhi harga pasar. Setiap unit barang yang dijual akan menambah pendapatan rata-rata dan pendapatan marjinal yang sama besarnya dengan harga barang (AR = MR - P). Oleh karena itu, perusahaan akan memproduksi pada tingkat produksi di mana pendapatan marjinal sama dengan biaya marjinal (MR = MC).