Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Sisw

4
(201 votes)

Pendahuluan: Pendidikan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan siswa. Dalam era digital saat ini, media pembelajaran telah menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh media pembelajaran terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok siswa, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan media pembelajaran. Data dikumpulkan melalui tes prestasi belajar sebelum dan setelah perlakuan. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa. Kelompok eksperimen yang menggunakan media pembelajaran memiliki peningkatan prestasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat menjadi alat yang efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Diskusi: Hasil penelitian ini mendukung temuan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan lebih baik dan meningkatkan motivasi belajar mereka. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran sebaiknya diterapkan secara luas dalam proses pembelajaran di sekolah. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran memiliki pengaruh positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dan motivasi belajar mereka. Oleh karena itu, disarankan agar penggunaan media pembelajaran diterapkan secara luas dalam proses pembelajaran di sekolah. Referensi: [Daftar referensi yang digunakan dalam penelitian ini]