Pengaruh Self-Efficacy dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Akuntansi dan Lembaga Keuanga
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-efficacy dan dukungan keluarga terhadap kepercayaan diri mahasiswa akuntansi dan lembaga keuangan di SMK N 1 Pengasih. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan melibatkan sampel sebanyak 105 siswa kelas XI dan XII Akuntansi dan Lembaga Keuangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan self-efficacy terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 32,1%. Selain itu, dukungan keluarga juga memiliki peng positif dan signifikan terhadap kepercayaan diri siswa sebesar 6,5%. Ketika self-efficacy dan dukungan keluarga dianalisis secara simultan, terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 36% terhadap kepercayaan diri siswa. Pengaruh self-efficacy terhadap kepercayaan diri siswa menunjukkan bahwa siswa yang memiliki keyakinan tinggi terhadap kemampuan mereka cenderung memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi. Dukungan keluarga juga berperan penting dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa, terutama dalam konteks akademik seperti mahasiswa akuntansi dan lembaga keuangan. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang bagaimana self-efficacy dan dukungan keluarga dapat berkontribusi terhadap pengembangan kepercayaan diri siswa dalam bidang akuntansi dan lembaga keuangan. Hasil penelitian ini dapat menjadi dasar untuk intervensi yang bertujuan meningkatkan kepercayaan diri siswa melalui pengembangan self-efficacy dan dukungan keluarga yang efektif.