Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 14 Selum

4
(206 votes)

Penelitian yang dilakukan oleh Rovi Dolia Sutera, M. Arif Rahman Hakim, dan Erik Perdana Putra (2023) bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh penggunaan metode pembelajaran outdoor learning terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII di SMPN 14 Seluma. Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam pembelajaran IPA, di mana siswa sering merasa jenuh dan kurang bersemangat dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Grup Design. Kelas kontrol dan kelas eksperimen dipilih secara acak. Kelas kontrol menerima pembelajaran konvensional, sedangkan kelas eksperimen menerima pembelajaran dengan metode outdoor learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajaran outdoor learning memiliki pengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa. Hasil pre-test kelas kontrol menunjukkan tingkat keaktifan belajar sebesar 55,5%, sedangkan setelah melakukan kegiatan pembelajaran, hasil post-test meningkat menjadi 69,7%. Di sisi lain, kelas eksperimen menunjukkan hasil pre-test sebesar 62,6%, yang meningkat menjadi 79% setelah post-test. Temuan ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran outdoor learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Dengan melibatkan siswa dalam kegiatan di luar ruangan, pembelajaran menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Siswa menjadi lebih aktif dan bersemangat dalam belajar, sehingga dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi pelajaran. Dalam konteks pembelajaran IPA, metode outdoor learning juga dapat membantu siswa untuk lebih memahami interaksi makhluk hidup dan lingkungan. Dengan melihat langsung fenomena alam dan melakukan eksperimen di luar ruangan, siswa dapat mengalami pembelajaran yang lebih nyata dan terlibat secara aktif dalam proses belajar. Dalam kesimpulannya, penggunaan metode pembelajaran outdoor learning memiliki pengaruh positif terhadap keaktifan belajar siswa. Guru perlu mengembangkan inovasi dan kreativitas dalam mengatasi rasa jenuh belajar siswa dengan memanfaatkan pembelajaran di luar ruangan. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif, dan siswa dapat mencapai hasil belajar yang lebih baik.