Pentingnya Mutu dalam Layanan Kesehatan

4
(280 votes)

Mutu merupakan proses perbaikan yang berkelanjutan dalam layanan kesehatan. Hal ini berfokus pada kepuasan pelanggan dan berorientasi pada pelanggan. Mutu adalah proses yang dinamis dan melibatkan seluruh organisasi. Setiap individu bertanggung jawab atas kegiatan dan hasil yang mereka miliki. Mutu bukan hanya tanggung jawab "departemen mutu", tetapi tanggung jawab setiap orang. Mutu juga bersifat global. Jika dapat diterapkan di satu negara, maka dapat diterapkan di negara lainnya juga. Keberhasilan penerapan mutu tidak tergantung pada seberapa maju teknologi di suatu negara, tetapi tergantung pada dukungan yang sungguh-sungguh terhadap mutu dan upaya untuk memperbaiki status mutu saat ini. Buku ini merupakan hasil penulisan yang dapat diandalkan dan kerja sama dengan Kantor Wilayah WHO Asia Tenggara. Buku ini ditujukan sebagai alat komunikasi bagi audiens internasional dan khususnya bagi negara-negara di Wilayah Asia Tenggara. Buku ini didasarkan pada pengalaman negara-negara tertentu di Wilayah Asia Tenggara dan wilayah lainnya. Bacaan dalam buku ini terbagi menjadi beberapa bab yang mencakup pendekatan teoretis dan praktis dalam mutu layanan kesehatan dengan standar internasional yang terkemuka. Buku ini menggambarkan proses mutu layanan kesehatan mulai dari perencanaan, penyusunan standar, pengomunikasian standar, pemantauan, dan langkah-langkah yang harus diambil untuk memperbaiki mutu. Bab-bab dalam buku ini mencakup definisi mutu layanan kesehatan dan istilah terkait, proses jaminan mutu, perencanaan, penyusunan dan pengomunikasian standar, pemantauan dan pengendalian mutu, manajemen outcome, perbaikan mutu, dan peralatan mutu. Bab-bab terakhir dalam buku ini membahas keterlibatan, kegiatan, dan pencapaian dalam mutu layanan kesehatan di empat negara, yaitu Arab Saudi, Yordania, Malaysia, dan Indonesia. Semua bab ini berfokus pada praktik dan menyajikan studi kasus berbagai kegiatan mutu layanan kesehatan di negara-negara tersebut. Dalam kesimpulan, mutu merupakan hal yang penting dalam layanan kesehatan. Hal ini melibatkan seluruh organisasi dan setiap individu bertanggung jawab atas kegiatan dan hasil yang mereka miliki. Penerapan mutu tidak tergantung pada tingkat teknologi suatu negara, tetapi tergantung pada dukungan dan upaya yang sungguh-sungguh dalam memperbaiki mutu. Buku ini memberikan pemahaman yang baik mengenai proses mutu layanan kesehatan dan memberikan contoh nyata dari negara-negara di Wilayah Asia Tenggara.